Analisis Usaha Keripik Keladi Di Kabupaten Mamasa

Takril Takril, Metusalak Metusalak

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Mamasa, yang berlangsung 3 bulan yang dimulai pada bulan Februari sampai dengan April  2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dan tingkat kelayakan usaha pembuatan keripik keladi Di Desa Makuang, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif yaitu untuk menentukan pendapatan dan tingkat kelayakan usaha pembuatan keripik keladi Di Desa Makuang, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan bersih yang diperoleh usaha pembuatan keripik keladi Di Desa Makuang, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa dalam melakukan usahanya sebesar Rp  126.938 dan R/C ratio yang diperoleh sebesar 1,009 berarti usaha tersebut dinyatakan layak, karena setiap penambahan biaya Rp 1,- maka akan memperoleh keuntungan sebesar Rp 1,009 ,- . Dengan demikian usaha pembuatan keripik keladi Di Desa Makuang, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa dinyatakan layak.


Keywords


Pendapatan; Usaha; Keripik Keladi

Full Text:

PDF

References


Assauri, 1993. Manajemen Produksi Dan Operasi. Lembaga Penerbit. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta

Fatah, Z. 1995. Skripsi. Mempelajari Pengaruh Kadar Amilosa Pada Pembuatan Ekstrudat Talas (Colocasia esculenta (L.) Schoot). Fateta IPB. Bogor.

Henry Simanora. 2000. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Penerbit Salemba empat Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesia. 2004. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Makhruf, 2001.Analisis Pendapatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi Usahatani Padi.Institut Pertanian Bogor. Bogor

Masyhuri.1994. Pengembangan Agribisnis dalam Era Globalisasi.Yogyakarta. Fakultas Pertanian UGM

Rosjidi, 1999. Teori Akuntansi. Tujuan Konsep dan Struktur. Edisi Pertama. Lembaga.Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta

Rosmiatin, E. 1995. Skripsi. Prospek Pengembangan Talas Talas (Colocasia esculenta (L.) Schott) di Kabupaten Bogor Serta Proses Pertumbuhannya Pada Media Casting. Jurusan Biologi FMIFA IPB. Bogor.

Smith-Jay M,Jr Skousen-K, Fred 2001. Akuntansi Keuangan Intermediate.Edisi satu, terjemahan Alfonsus Sirait, penerbit PT. Salemba Empat, Jakarta.

Sitompul S.M dan Guritno B. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Soekartawi, 1995. Analisis Usaha Tani. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta

Wirawati T, B. S. Purwoko, D. Sopandie, I. Hanarida. 2002. Studi Fisiologi Adaptasi Talas terhadap Kondisi Naungan. Seminar Program Pasca Sarjana. Program Pascasarjana, IPB. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.