Anak Didik Dalam Pendidikan Islam

Saifuddin Saifuddin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang masalah anak didik dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat ditimbulkan dalam proses pendidikan yang berdasarkan beberapa teori yang di kembangkan oleh beberapa ahli. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor  yang Mempengaruhi Perkembangan Anak berdasarkan teori yang dikembangkan oleh para ilmuan. Terdapat beberapa aliran atau teori dalam pendidikan yang berkaitan dengan kemungkinan atau pembawaan anak didik di antaranya aliran nativisme yang beranggapan bahwa perkembangan manusia telah di tentukan oleh faktor-faktor yang di bawah manusia sejak lahir, pembawaan yang terdapat pada waktu di lahirkan itulah yang akan menentukan hasil perkembangannya. Menurut kaum  nativisme, pendidikan tidak dapat mengubah sifat-sifat pembawaan. Dalam ilmu pendidikan hal ini di sebut pasimisme pedugogik. Aliran empirisme menyatakan perkembangan anak tergantung pada lingkungan, sedangkan pembawaan tidak di pentingkan sebab pada waktu lahir seorang anak masih bersih, Pengalaman yang di peroleh anak dalam kehidupan sehari-hari di dapat dari dunia sekitarnya yang berupa setimulan-setimulan baik  yang berasal dari alam bebas maupun yang tercipta oleh orang dewasa dalam bentuk program pendidikan. Sedangkan aliran konvergensi yang  beranggapan bahwa pambawaan dan lingkungan sama pentingnya dan memilki pengaruh yang sama.

Keywords


Anak Didik; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Cetakan V , Jakarta: Bumi Aksara.

------------ .2001 Ilmu Pendidikan Islam : Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet. IV ; Jakarta : Bumi aksara.

Budiman, Nasir. 2001. Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran .Cet. I; Jakarta : Madani Press.

Daradjat, Zakiah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam . Cet I ; Jakarta ; Bumi Aksara.

Getteng, H .A. Rahman. 1997. Ilmu Pendidikan Islam dalam Pembagunan. Cet . I; Ujung Pandang, Yayasan AL-Ahkam.

Nadyahardjo. 1993. Dasar-Dasar Kependidikan.. Cet . II ; Jakarta : Universitas Terbuka.

An-Nahlawi. 1996. Abdurrahman .Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fil baiti wal Madrasati wal Mujtama. Diterjemahkan oleh Shihabuddin dengan judul Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat .Cet. II ; Jakarta : Gema Insani Pres,1996.

Purwanto, M. Ngalim MP. 1994. Ilmu Pendidikan : Teroritis dan Praktis Cet . VII : Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.