Implementasi Kompetensi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande

Abdul Hamid

Abstract


Pokok kajian dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana proses implementasi kompetensi guru dalam evaluasi pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande Kecamatan Tutar? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kompetensi guru dalam evaluasi pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande Kecamatan Tutar? Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan  menggunakan pendekatan observasi,  dokumentasi dan wawancara langsung dan mendalam dengan informan. Oleh karena itu, pengkajian datanya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif untuk mengungkap gambaran Implementasi Kompetensi Guru dalam evaluasi Pembelajaran di Madrasah Aliyah AL-Balad Kamanade Kecamatan tutar.  Hasil penelitian menuujunkkan bahwa pada umumnya implementasi kemampuan guru dalam evaluasi pembelajaran di Madrasah aliyah al-balad cukup baik, sekalipun harus ditingkatkan dari waktu kewaktu karena jika dilihat dari ketuntasan nilai maka hampir semua mata pelajaran hasilnya baik, hanya mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris Al-Qur’an Hadits dan Mulok di kelas XII,XI dan X yang ketuntasannya masih ada yang kurang.

Keywords


Kompetensi; Evaluasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amaluddin, Profesionalisme Guru dan Implikasinya terhadap Peningkatan Mutu

Pendidikan Siswa di Pondok Pesantren al-Qamar Kabupaten Takalar, Tesis S. 2 PPs UMI Tahun 2006

Basri, Hasan, Kompetensi Guru dalam Perspektif Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Fathul Muin Mata kali, Skripsi STAI DDI Tahun 2005

Departemen Pendidikan Nasional, APKG 1, Jakarta: Proyek Peningkatan Pembinaan Profesionalisme Guru, 2006

Depertemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1989

Hamalik, Oemar , Pendidikan guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Irawan, Prasetya, Evaluasi Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PAU-PAU, Universitas Terbuka , 2001

Kunandar, Guru Profesional, Impelementasi Kurikuluk Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Muhammad Imran, Mustafa, Jawahirul Bukhari, Cet. VIII. Kairo Mesir: Istiqamah, 1371

Mulyasa, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007

N. K, Roestiyah, Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Jakarta: Bima Aksara, 1989

Niam, Asrorun, Membangun Profesionalitas Guru, Jakarta: Elsas, 2006

Purwanto, Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka, 1976

Parameswari Dinda, Nurdin Hamma dibalik cerita, Kandemeng, Cet.1 EI Publishing,2016

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1989

Slameto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Sofyan, Ahmad, Evaluasi Pembelajaran IPA berbasis Kompetensi, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah, Jakarta: Lantera Hati, 2004

Tutik, Titik Triwulan dan Trianto, Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi Kompetensi dan Kesejahteraan, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007

UU RI No. 20 Th. 2003, Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional), Jakarta: Sinar Grafika, 2008

Uzer Usman, Moh., Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

UU RI No. 14 Th. 2005, Undang-Undang Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2011

www.dikmenum.go.id, Perangkat Penilaian KTSP SMA/Rancangan Penilaian Hasil Belajar

Yusuf, Tayar dan Jurnalis Etek, Keragaman Tehnik Evaluasi dan Metode Penerapan Jiwa Agama, Jakarta: IND-HILL-CO, 1987


Refbacks

  • There are currently no refbacks.