Penggunaan Teknik (Predict, Observe, and Explain) POE dalam Meningkatkan Pembelajaran Menulis Naskah Drama

Muhammad Syaeba, Andriani Andriani, Mega Indriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang salah tentang Penggunaan Teknik POE Untuk Meningkatkan Pembelajaran Menulis Naskah Drama pada peserta didik kelas VIII SMPN 4 Budong-Budong, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah. Populasi sebagai objek penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 4 Budong-Budong, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah tahun ajaran 2016 / 2017 sebanyak 14 siswa pria dan 12 siswa perempuan, dengan jumlah keseluruhan adalah 26 orang, sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu tes kemampuan dan tes angket. Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan teknik POE untuk meningkatkan pembelajaran menulis naskah drama belum memadai,Sebab sampel tidak mencapai hasil sesuai dengan criteria yang telah ditetapkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa penggunaan teknik POE untuk meningkatkan pembelajaran menulis naskah drama adalah: Faktor fsikologi peserta didik, faktor keterbatasan media dan sarana pengajaran, faktor lingkungan. Dari hasil analisis diatas dapat di simpulkan bahwa tingkat penggunaan teknik poe dalam meningkatkan pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMPN 4 Budong-Budong, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah belum memadai.


Keywords


Teknik POE; Pembelajaran; Menulis Naskah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aminuddin. 2003. Sekitar Masalah Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Anirun, Suyatna.2006. Memanusiakan Idea-idea. Bandung: Studi klub Bandung.

Arlina, Gina. 2008. “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Metode Peta Pikiran pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Pemalang”.Skripsi. Unnes.

Baharuddin. 1999. “Kegiatan Apresiasi Sastra Siswa SMU Negeri 1 Kabupaten Barru: Suatu Tinjauan Deskriptif.” Skripsi. Makassar: FBS, UNM.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dick, Hartoko. 2005. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekayanti, Maretina Nur Asih. 2008. “Peningkatan Keterampilan Menulis Drama dengan menggunakan Media Komik Strip melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 5 Sragen” Skripsi. Unnes.

Gulzar, Dhabit. 2012. Istilah-Istilah Dalam Drama.

http://attaqwabandar.blogspot.com/2012/09/istilah-istilah-dalamdrama.html. diunduh pada tanggal 14 Agustus 2016 pukul 14.35

Hasanudin, WS. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

Keraf, Gorys. 1989. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.

Komaidi, Didik. 2008. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media.

Komaidi, Didik. 2011. Panduan Lengkap Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.

Kosasih, E. 2008. Apresiasi Prosa. Jakarta: Nobel Edumedia.

Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kosasih, dkk., 2005. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP. Bandung: Pustaka Setia.

Maedar, dkk., 1999. Pengajaran Apresiasi Sastra. Departemen Pendidkan dan Kebudayaan.

Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Nuryatin, Agus. 2006. “Teori dan Langkah-Langkah Menulis Naskah Drama”.Handout. Universitas Negeri Semarang.

Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama.

Subyantoro. 2009. Pelangi Pembelajaran Bahasa. Semarang: UNNES PRESS.

Tarigan, Henry Guntur. 1995. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

Wiyanto, Asul. 2002. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Wardani. 1981. Pengajaran Sastra. Penataran Lokakarya (P3G) Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.580

Article Metrics

Abstract views : 95 times | PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter