ANALISIS PEMASARAN TOMAT DI PASAR SENRAL PEKKABATA KELURAHAN PEKKABATA KECAMATAN POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Haswinda Haswinda, Muh. Arman Yamin Pangala, Hasanuddin Kandatong

Abstract


Penelitian dilakukan di Pasar Sentral pekkabata selama tiga bulan dari bulan Oktober hingga Desember 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran tomat. Volume margin di setiap saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran tomat di saluran pemasaran. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara purposive (sengaja)dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Di Pasar sentral Pekkabata terdapat dua saluran pemasaran tomat yaitu saluran pertama petani - pengecer - konsumen dan saluran kedua petani - pengepul - pengecer – konsumen. Dan margin Saluran I Rp 3.000 dan Saluran Pemasaran II Rp 4.000. Sedangkan efisiensi Saluran Pemasaran I sebesar 1,40% dan Saluran Pemasaran II sebesar 95,45%.

Kata kunci: analisis, pemasaran, margin, tomat


Keywords


Analisis, Pemasaran, Margin, Tomat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35329/ja.v1i2.3274

Article Metrics

Abstract views : 203 times | PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Agroterpadu



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agroterpadu@mail.unasman.ac.id

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agroterpadu/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

      

    

Member of:

 

 

Creative Commons License
Jurnal Agroterpadu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.