Strategi Pemasaran Jamur Tiram Di Dusun Basseang Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar

mustajab taja, Hasanuddin Kandatong, Nurhaya Kusmiah

Abstract


Jamur tiram adalah jamur pangan dengan tudung mirip cangkang tiram, dengan bagian tengah sedikit cekung dan berwarna putih hingga berwarna krem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor Internal dan faktor Eksternal Strategi Pemasaran Jamur Tiran di Dusun Basseang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisi SWOT dari metode tersebut menunjukkan bahwa Strategi PemasaranJamur Tiram di Dusun Basseang Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar telah memenuhi kriteria karakter penelitian. Untuk menganalisis strategi pengembangan menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Jamur Tiram pada usaha Rumah Jamur Basseang (RUJAB) yaitu faktor Internal memiliki faktor kekuatan dengan nilai total 1,9 lebih besar dibandingkan faktor kelemahan dengan nilai total yaitu 1,23 hal ini dapat menunjukkan bahwa kekuatan dapat mendukung pengembangan Jamur Tiram pada Rumah Jamur Basseang (RUJAB). Sedangkan faktor Eksternal memiliki faktor peluang dengan nilai total yaitu 1,56 lebih besar dari faktor ancaman dengan nilai total yaitu 1,44 hal ini menunjukkan bahwa Jamur tiram pada Rumah Jamur Basseang (RUJAB)  memiliki potensi peluang yang sangat besar.  Posisi Strategi Jamur Tiram pada Rumah Jamur Basseang (RUJAB) di Dusun Basseang berada pada Kuadran I dimana mendukung strategi agresif / positif-positif, menggunakan strategi SO ( Strength-Opportunity ) dimana menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Pelaku usaha perlu meningkatkan produksi dan memperkuat promosi.

Keywords


Strategi Pemasaran Jamur Tiram

Full Text:

PDF

References


Kotler, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler . 2015. Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Kotler , 2015. Prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Setyaningrum. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. AndiOffset

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Tambajong. 2015. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA 1291, Vol. 1 No. 3 September 2013, Hal. 1291-1301 ISSN 2303- 1174

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi : Yogyakarta

Ishak manggabarani, dkk (2020). Strategi Pemasaran Gula Semut Kelompok Wanita Tani Sipakario Desa Sambaliwali Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Agrovital. Prodi Agribisnis Fakultas Ilmu Pertanian Unasman. 14 februari 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/ja.v2i1.3719

Article Metrics

Abstract views : 170 times | PDF - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Agroterpadu



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agroterpadu@mail.unasman.ac.id

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agroterpadu/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

      

    

Member of:

 

 

Creative Commons License
Jurnal Agroterpadu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.