Analisis Peluang Usaha Tomat Rasa Kurma Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Binanga Karaeng Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang
Abstract
Tomat (Solanum lycopersicum) merupakan bahan baku yang strategis karena merupakan salah satu sayuran yang digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pangan dan bahan baku industri makanan dan minuman di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peluang usaha Rasa Tomat Kurma serta strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan Rasa Tomat Kurma di Desa Binanga Karaeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary), yang mengidentifikasi faktor lingkungan eksternal dan internal yang menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mewakili. itu. bisnis tomat. Rasa kurma. Untuk menganalisis strategi pengembangan kurma rasa tomat faktor internal adalah faktor kuat dengan total skor 2,23 lebih besar dari faktor lemah dengan total skor 2,02. Meskipun faktor eksternal memiliki peluang dengan total nilai 2,19 lebih besar dari faktor ancaman dengan total nilai 2,12, hal ini menunjukkan bahwa bisnis Kurma Rasa Tomat memiliki potensi peluang yang sangat tinggi. Hasil analisis peluang bisnis Tomat Rasa Kurma berada pada Kuadran I (Agresif), menunjukkan strategi yang menitikberatkan pada aspek peluang bisnis Tomat Rasa Kurma dengan strategi SO (Strength-Opportunity), menekankan pada semua kekuatan yang dimanfaatkan dan peluang. dieksploitasi. Pengusaha harus meningkatkan produksi dan memperkuat promosi penjualan.
Keyword : peluang usaha, tomat, SWOT
Full Text:
PDFReferences
A.Mila Kurniati (I2017). ANALISIS PELUANG USAHA KOMODITAS HORTIKULTURA. Makassar
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Alodokter (2021). Manfaat tomat abagi kesehatan. Diakses pada 30 November 2022, dari https://www.alodokter.com/
Franceschi, V.R, dan Horner H.T 1999. Calcium Oxalate Crystals in Plants. Botany Review 46 : 361-427.F
Freddy Rangkuti, Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, Februari (2006),Cet. ke-12, h.10
Gabby Indrawati (2018). Oleh-oleh Kewajiban Sosial Sepulang Bepergian. Jakarta : kompasiana
Muhamad Sil, Isma Coryanata dan Darius, Prosiding PKM- CSRVol.1(2018)https://www.prosidingpkmcsr.org/i ndex.php /pkmcsr/article/vi ew/107/140 diakses pada 5 november 2022
Nur Shabrina, Ferichani Minar & Riptani Wida Erlyna 2017. STRATEGI PENGEMBANGAN UKM TORAKUR (TOMAT RASA KURMA). AGRISTA : Vol. 5 No.1 Maret 2017 : 214-224 ISSN : 2302-1713
Putri (2018). Pengertian Holtikultura. Yoyakarta
Riesta Devi Kumalasari 2017. Pemilihan Lokasi Usaha Sebagai Salah Satu Strategi dalam Business Start Up. Malang
Rosita Nurfitria 2014. Manajemen dan Strategi Persediaan Bahan Baku pada Agroindustri Tape 'Sumber Madu. Jember : BIP Pertanian
Sianturi 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen. Bandung : eProceedings of Management
Sa’diyah (2017).Jaga Harga Tomat, Kementan Atur Pola Tanam. Jakarta : REPUBLIKA
Wijayanti & Susila (2013). Pertumbuhan dan Produksi Dua Varietas Tomat (Lycopersicon esculentum Mill.) secara Hidroponik dengan beberapa Komposisi Media Tanam. Bogor : Bul. Agrohorti 1 (1) : 104 - 112 (2013)
Zahir 2023. Faktor yang memepengaruhi penentuan lokasi pabrik. Zahiraaccounting : Surabaya

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Telp/Fax: (0428) 21038
Email: agroterpadu@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agroterpadu/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:

Member of:
Jurnal Agroterpadu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.