Efisiensi pemasaran Ikan Bandeng di Desa Nepo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar

Nurmentari Nurmentari, Haeruddin Haeruddin, Nurhaya Kusmiah

Abstract


Agribisnis ikan bandeng di Desa Nepo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.Akan berlangsung selama 3 bulan pada bulan maret sampa idengan juni 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, Efisisensi dan Margin pemasaran Ikan Bandeng yang ada di Desa Nepo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Margin Pemasaran. Dari Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran Ikan Bandeng yang ada di Desa Nepoada dua yaitu, saluran I dari petani tambak ke pengecer lalu pengecer ke konsumen akhir. Dan padasaluran pemasaran II petani tambak ke pengumpul lalu pengumpul kepengecer dari pengecer ke konsumen akhir. Nilai Efisiensi Pemasaran pada saluran I sebesar 0.10%<33% dan saluran pemasaran II sebesar 0.25%<33%. Nilai Margin pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp.2.000/Kg, sedangkan Margin pemasaran pada saluran ke II yaitu sebesar Rp.5.000/Kg.

Keywords


Margin pemasaran, Saluran pemasaran, Petani tambak

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz et, al. (2013). Kapita Selekta Ekonomi Islam Kontenporer.Bandung : Alvabeta.

Adisanjaya, Ngurah. (2015) Potensi, Produksi Sumberdaya Ikan Di Perairan Laut Indonesia dan Permasalahannya.

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kharisma, Dkk, (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata RI. (Bandung : Jurnal tidak diterbitkan).

Lasabuda, R. (2013). Pembangunan Wilayah Pesisir Dan Lautan perspektif Negara kepulauan republik Indonesia.Jurnal ilmiah Platax, 1(2), 92-101. Manado.

Basri, zulkifli; kusmiah, nurhaya (2020). Analisisi dalam Peningkatani Pendapatani Petani padi sawah dii haji ambona yanda (studi kasus desa paku kecamatan binuang) J-pen borneo: jurnal ilmu pertanian, 2022, 5.1.

Roesmawati, H. (2011). Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering. J . Agribisnis. 3(5).

Sudiyono, Arman, (2014). Pemasaran Pertanian. Malang : Universitas Muhamadyah Malang.

Sugiyono. (2018), metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:alfabeta, CV.

Sunyuto, Danang. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (konsep, strategi, dan kasus).Cetakan ke-1.Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing service).

Wijono, Sutarto. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Fajar Interpratama Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/ja.v3i2.4310

Article Metrics

Abstract views : 39 times | PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Agroterpadu



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Ilmu Pertanian Univ. Al Asyariah Mandar Sulbar
Jl. Budi Utomo No. 2 Manding Polewali Mandar
Telp/Fax: (0428) 21038

Email: agroterpadu@mail.unasman.ac.id

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/agroterpadu/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

      

    

Member of:

 

 

Creative Commons License
Jurnal Agroterpadu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.