EPISTEMOLOGI ISLAMISASI ILMU SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Muh. Bahrul Afif

Abstract


 

Artikel ini membahas tentang epistemologi konsep Islamisasi Ilmu yang digagas oleh Syed Muhammad Naquib al-Attas. Konsep ini adalah respons intelektual al-Attas terhadap peradaban Barat yang dianggap telah mengakibatkan kerusakan serius. Hal itu merupakan dampak negatif yang dihasilkan oleh ilmu yang dikembangkan oleh peradaban Barat, yang cenderung mengenyampingkan aspek metafisika dan spiritualitas dalam aktivitas ilmiah. Artikel ini berupaya mengidentifikasi unsur-unsur epistemologis dari konsep tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sumber pengetahuan adalah Tuhan, sehingga pengetahuan pada hakikatnya adalah penafsiran terhadap pengetahuan yang datang dari Tuhan. Instrumen dalam memperoleh pengetahuan adalah indra, akal sehat dan intuisi. Kebenaran tertinggi diperoleh oleh seseorang yang telah menjalani ketaatan dan pengabdian yang tulus terhadap Tuhan. Pengetahuan dikatakan benar jika terbebas dari keraguan, dan kebenaran tersebut akan terus diterima selama sesuai dengan worldview Islam.

 


Keywords


Al-Attas, epistemologi, islamisasi ilmu

Full Text:

PDF

References


Al-Attas, S. M. N. (1984). Konsep Pendidikan Dalam Islam (H. Bagir, Penerj.). Mizan.

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islām and Secularisme. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (1995). Islam dan Filsafat Sains (S. Muzani, Penerj.). Mizan.

Al-Attas, S. M. N. (2010). Islam dan Sekularisme (K. Muammar, Penerj.). Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Islam.

Bagus, L. (2015). Kamus Filsafat. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghoni, A. (2017). Pemikiran Pendidikan Naquib Al-Attas dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 3(1), 196–215.

Hasan, N. (2014). Kritik Islamic Worldview Syed Muhammad Naquib Al-Attas Terhadap Western Worldview. Maraji`: Jurnal Keilmuan Islam, 1(1), 115–145.

Ismail, & Suhaimi, W. (2012). Adab dan Peradaban. MPH Group Printing.

Iswati, I. (2017). UPAYA ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01), Art. 01. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.341

Mauliyah, A. (2016). Gerakan Islamisasi Ilmu Pengetahuan Naquib al-Attas. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.1.111-121

Rapar, J. H. (2021). Pengantar Filsafat. Kanisius.

Sardar, Z. (1989). Sains, Tekhnologi dan Pembangunan di Dunia Islam. Pustaka.

Soleh, A. K. (2012). Wacana Baru Filsafat Islam. Pustaka Pelajar.

Taufik, M., & Yasir, M. (2017). MENGKRITISI KONSEP ISLAMISASI ILMU ISMAIL RAJI AL-FARUQI: Telaah Pemikiran Ziauddin Sardar. Jurnal Ushuluddin, 25(2), Art. 2. https://doi.org/10.24014/jush.v25i2.3830




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v7i2.3735

Article Metrics

Abstract views : 467 times | PDF - 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats