PEMANFAATAN IKAN LELE MENJADI KERUPUK DI KELURAHAN PEKAN ARBA KECAMATAN TEMBILAHAN

Feni Puspisari, Herlina Desi Hadi Sandri, Khirmayanti Khirmayanti, Mega Wahyuni, Muhammad Lorensyantinto, Feri Adha Saputra, Saparuddin Saparuddin

Abstract


Ikan lele merupakan ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tingginya tingkat konsumsi ikan lele di Indonesia menyebabkan ketersediaannya juga melimpah. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pemanfaatan Ikan Lele Menjadi Kerupuk dan bagaimana Faktor penghambat dan faktor pendukung Pemanfaatan Ikan Lele Menjadi Kerupuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif kualitatif dimana peneliti melakukan observasi, wawancara dan diskusi secara langsung di Kelurahan Pekan Arba Kecamatan Tembilahan selama melaksanakan KKN Tematik.Dalam hal Pemanfaatan Ikan Lele Untuk Pemulihan UMKM Masyarakat Kelurahan Pekan Arba Dimasa Pasca Pandemi Covid-19 dalam melakukan pemanfaatan ikan lele masyarakat yang ada di keluraha pekan arba menggunakan ikan lele sebagai bahan kerupuk ikan lele, amplang lele dan menjual ikan lele tersebut ke warung atau pengepul pecel lele sehingga permintaan banyak.Faktor pendukung dalam Pemanfaatan Ikan Lele Untuk Pemulihan UMKM Masyarakat Kelurahan Pekan Arba Dimasa Pasca Pandemi Covid-19 adalah adanya dukungan dari semua pihak yang menjadikan penerapan pemanfaatan ini dapat di laksanakan dengan baik dan faktor penghambat Pemanfaatan Ikan Lele Untuk Pemulihan UMKM Masyarakat Kelurahan Pekan Arba Dimasa Pasca Pandemi Covid-19 bukanlah adanya kepengurusan tersendiri yang mengurus atau memberikan sosialisasi seperti kalau didesa kana da bumdes nya kalau di kelurahan belum ada hanya masyarakat secara mandiri saja mengembangkan kegiatan tersebut.


Keywords


Ikan Lele, Kerupuk, Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Agromedia. 2007. Beternak Lele Dumbo. PT AgroMedia Pustaka. Jakarta

Amri, K dan Pernomo, K.S. 2008. Ikan Lele. Agromedia Pustaka. Jakarta Selatan.

Cahyono, B. 2009. Budidaya Ikan Lele dan Betutu. Pustaka Mina. Jakarta.

Chatacondi, N.G dan R.D. Yant. 2001. Aplication of compensatory growth toenhance production in channel catfish, Iclatarus punctacus. Journal of Wold Aquaculture 32 (3) : 278-285

Dardiani. 2009. Pengaruh Aplikasi Probiotik EM4 Terhadap Kelangsungan Hidup Benih Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Pasca Sarjana Studi Biosains. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Djarijah, A. 1995. Pengertian Pakan Dalam Pakan Ikan Alami. Kanisus. Yogyakarta.

Dwiyono, A. 2004. Pertumbuhan Kompensatori pada Lele Dumbo (Clarias gariepinus) yang dipelihara di bak beton. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Effendie. M.I. 2003. Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusantara. Yogyakarta. 163 hal.

Fatimah, N. 2010. Hematologi Ikan Patin (Panghyopthalmus) pada Siklus Pemuasaan Pemberian Pakan Kembali. Skripsi. Fakultas Biologi Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto.

Hartoyo dan Suwarsito. 2006. Pertumbuhan pengganti pada lele dumbo (Clarias gariepinus) yang dipelihara dengan menggunakan metode pemuasaan. Jurnal Sains Akuatik. 9 (1) : 1-7.

Kurniawan, A. 2009. Pertumbuhan Kompensatori Pada Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) Dengan Interval Waktu Pemuasaan yang Berbeda. Skripsi. Jurusan Budidaya Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Lukito, A. 2002. Lele Ikan Berkumis Paling Populer. Agromedia. Jakarta

Nasrudin. 2010. Jurus Sukses Berternak Lele Sangkuriang. Agromedia Pustaka. Jakarta Selatan

Nugroho, D.T. 2007. Pertumbuhan Kompensatori Lobster Air Tawar (Cherox quadricorinatus) Yang Dipelihara Di Bak Semen Dengan Metode Pemuasaan. Skripsi. Jurusan Budidaya Perairan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v7i2.3756

Article Metrics

Abstract views : 43 times | PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats