PRAKTIK PENGEMBALIAN SISA HARGA DIGANTI DENGAN BARANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PASAR SENTRAL PEKKABATA KECAMATAN POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR)

Hadijah Hadijah, Muh. Nusur, Andi Sudarmin Azis

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui praktik pengembalian sisa harga diganti dengan barang di pasar sentral Pekkabata Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar agar terjalin suka sama suka, 2) Untuk mengetahui praktik pengembalian sisa harga diganti dengan barang di pasar sentral Pekkabata Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar dalam persfektif ekonomi Islam agar sejalan dengan norma agama. Jenis penelitian yang digunakan field research kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Pasar Sentral Pekkabata Kecamatan Polewali Kabupate Polewali Mandar Sulawesi Barat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, sumber data sekunder dalam penelitian ini, yaitu buku tentang jual beli, buku tentang ekonomi Islam, penelitian terdahulu, serta literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data terdiri dari Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi praktik pengembalian sisa harga diganti dengan barang di pasar Sentral Pekkabata Kecamatan Polewali dilakukan dengan beberapa pertimbangan diantaranya saat tidak adanya uang kecil atau recehan dan sipembeli sendiri yang menginginkan sisa harga diganti dengan barang. Akad jual beli yang terjadi di pasar Sentral Pekkabata Kecamatan Polewali yaitu  dengan pengembalian sisa harga diganti dengan barang baik diucapkan       dengan lisan ataupun tidak serta baik dituliskan maupun tidak ketika dilihat dari persfektif ekonomi Islam maka diperbolehkan sesuai dengan prinsip maslahah. Karena kebijakan ini dibuat untuk kenyamanan transaksi pada saat penjual di pasar Sentral Pekkabata Kecamatan Polewali tidak mempunyai uang kecil atau recehan, maka dapat mengambil alternatif transaksi tersebut dan di samping itu dapat menghindari perbuatan riba karena pihak penjual tidak mengambil sisa kembalian dari pihak pembeli.


Keywords


Pengembalian Sisa Harga, Perspektif Ekonomi Islam

Full Text:

PDF

References


Fauzia, Ika Yunia. (2015). Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardani. (2013). Fiqih Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana.

Mardani. (2015). Hukum Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mustofa, Imam. (2016). Fiqih Mu’amalah Kontemporer. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.

Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siroj, A. Maltuf. (2013). Paradigma Ushul Fiqh Negosiasi Konflik Antara Mashlahah dan Nash. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Suhendi, Hendi. (2013). Fiqih Muamalah. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Sukirno, Sadono. (2014). Mikro Ekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Umrah, Andi. (2021). Pengembalian Sisa Kelebihan Uang Dengan Barang Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Fotocofy di Kabupaten Pinrang). Jurnal. Parepare: IAIN Parepare.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v7i2.3763

Article Metrics

Abstract views : 79 times | PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats