PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN PADA MAHASISWA FKIP UNASMAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada mahasiswa FKIP Universitas Al-Asy’ariah Mandar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research kuantitatif. Untuk itu, penelitian ini mengukur variabel-variabel yang ada dengan mewujudkannya dalam bentuk nilai atau angka. Angka-angka tersebut selanjutnya di analisis hubungannya antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Data dari responden yang sifatnya kualitatif akan dinyatakan dalam bentuk angka sehingga dapat diolah secara statistik hubungan atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Labelisasi Halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian makanan dikonfirmasi pada table 4.14. Ditunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel libelisasi adalah 0,983 dan nilai thitung 31, 871. Nilai koefisien regresi ini signifikan pada tingkat signifikansi 0,05 dengan p value sebesar 0,00. Hasil ini menjelaskan bahwa nilai koefisien regresi variabel labelisasi halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian makanan. Dan tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan baik mahasiswa muslim maupun non muslim dalam melakukan keputusan pembelian makanan yang berlabel halal pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Al-Asy’ariah Mandar. Implikasi pada penelitian ini adalah, 1) Menghimbau kepada para pedagang makanan yang selama ini memasarkan produk makanan didalam kampus Universitas al-As’yariah Mandar agar memperhatikan setiap produk makanan dalam kemasan yang ia pasarkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an al Karῑm
Abdullah al-Hakim al-Naysabur, Muhammad bin ‘Mustadrak al-H{a>kim; al-Mustadrak‘Ala al-Sah}i>h}ain. Bairut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1990M/1411H.
Alma, Buchari Kewirausahaan:Menumbuhkan wirausaha Bagi Mahasiswa dan Masyarakat Indonesia,Cet. 14; Bandung:Al-Fabeta, 2009.
Amoraga, Panji. Manajemen Bisnis. Cet I; Jakarta: Rineka Cipta. 1997.
Badroen, Faisal. Etika Bisnis Dalam Islam, Cet ke 3; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Bungin, H.M. Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Edisi kedua, Cet ke 8; Prenadamedia Group: Jakarta: 2014.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga; Jakarta: Balai Pustaka 2005.
Djalil, Basiq Ilmu Ushul Fiqh,edisi revisi Cet ke II; Jakarta: Kencana, 2014.
Fatona, Siti “Kualitas Jasa Yang Mempengaruhi Loyalitas Dan Relevansinya Terhadap Kepuasan” Jurnal Dinamika Manajemen 1, no. 1, 2010.
Idri, H. Hadis Ekonomi: Ekonomi Dalam Persfektif Hadis Nabi. Cet. I; Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
Iranita, Pengaruh Labelisasi Halal Produk Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji . Jurnal PDF di Unggah pada 16 Maret 2016.
Jᾱmi’ al-sunnah wa syurṻhihᾱ. 15 Mei 2017. http://hadithportal.com (8 Juni 2017)
Kamal Faqih Imani, Allamah. Nṻr al-Qur’ᾱn:An Enlightening Commentary into The Light Of The Holy Qur’ᾱn. Jilid 4. terj. Anna Farida Cet.I; Jakarta: Al-Huda, 2003
Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Madinah: Mujamma’ Khadim al Haramain asy-Syarifain al Malik Fahd li thiba’at al Mush-haf asy-Syarif, 2013.
Kurnia Sari, Dewi dan Ilyda Sudardjat. “Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sumatera Utara”, Jurnal Ekonomi dan Keuangan 1, no. 4, (2013)
Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia, Panduan Umum Sistem Jaminan Halal LPPOM-MUI. Jakarta: LPPOM-MUI. 2008.
Majelis Ulama Indonesia. Himpunan Fatwa majelis ulama Indonesia. Jakarta: Majelis Ulama Indonesia. 2010.
Masthu. Makanan Indonesia dalam Pandangan Islam, Jakarta: Kantor Menteri Negara Urusan Pangan Republik Indonesia, 1995.
Munawwir, Ahmad Warson. al-Munawwir: Kamus Arab – Indonesia. Cet. 25; Surabaya: Pustaka Progressif, 2002.
Muhammad Muflih, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam,Jakarta;PT.Raja Grafindo Persada.2006.
Pertiwi, Aprilia dkk “Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Pelayanan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Solaria Cabang Plaza Andalas Padang” http://ejurnal.bunghatta.ac.id 6,no2 (2015).
Prasetyo, Bambang Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Priyatno, Dwi. Mandiri Belajar SPSS Statistical Product and Service Solution: Untuk Analisis Data dan Uji Statistic, Cet. II ; Yogyakarta : MediaKom, 2008
Qardawi, Yusuf. al-Qawaid al-Hakimah li al-Fiqh al-Muamalah, Terj. Fedriah Hasmand, 7 Kaidah Utama Fikih Muamalat, Cet. 1; Pustaka Al-Kautsar: Jakarta. 2014.
Halal Haram dalam Islam, terj. H. Mu’ammal Hamidy, Edisi Revisi, Surabaya: PT. Bina Ilmu Surabaya, 2010.
Republik Indonesia. “Undang-Undang RI Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal”. Jakarta: 2014.
Satyahadi, Alfred. “Pentingnya Penggunaan Label Pada Kemasan”, Indonesia Print Media 13 April 2016.http://www.indonesiaprintmedia.com/pendapat/ (13 April 2016).
Shadiq, Daliya. Abdul Basith Jamal, “Alquran dan Sains: Bahaya Memakan Bangkai, Darah dan Daging Babi” http://www.republika.co.id (9 April 2017).
Shihab, M. Quraish Tafsir Al-Misbah:Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Vol 4 Cet.III; Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R N D, Alfabeta cet: 20 Jakarta 2014.
Suryani dan Hendrayadi, Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Cet I; Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
Syahputra, Ady dan Haroni Doli Hamoraon. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan” Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 2. no. 8, (2014):
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tesis dan Disertasi. Edisi revisi. Makassar: Alauddin Pers.2014-2015.
Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Cet.I; Jakarta:Prenadamelia Group, 2014.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Alamat Penyunting & Distribusi:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: jurnalalif@gmail.com
Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
situs toto