PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP SISTEM JUAL BELI DI PASAR PA’BAENG-BAENG MAKASSAR
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimana pengaruh etika bisnis Islam terhadap sistem jual beli di pasar Pa’baeng-baeng Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam terhadap system jual beli di Pasar Pa’baeng-baeng Makassar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research) merupakan tipe penelitian yang menguji kondisi lingkungan penelitian yang natural dan tingkat keterlibatan peneliti yang minimal. Peneliti akan mendes-kripsikan data-data yang terkait dengan permasalahan dalam penelitian. Pendekatan Ekonomi, dan Pendekatan Syar’i, yakni mendekati masalah-masalah dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan atau aturan-aturan yang telah ditetapkan didalam syariat Islam. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/ subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 87 orang pedagang di pasar Pa’baeng-baeng Makassar. Dalam penelitian ini perhitungan statistik menggunakan Model Analisis Regresi sederhana. Hasil analisis regresi etika bisnis Islam memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap sistem jual beli yang berlangsung di pasar Pa’baeng-baeng Makassar, peningkatan satu point etika bisnis Islam akan berpengaruh terhadap sistem jual beli di pasar Pa’baeng-baeng Makassar sebanyak 0,666.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Bukhari, Pengantar Bisnis, Bandung, CV. Alfabeta, 1997.
Aziz, Abdul, Etika Bisnis Presfektif Islam, Bandung: CV. Alfabeta, 2013.
Beekum, Rafik Issa, Etika Bisnis Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Badroen, Faisal, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
Djakfar, Muhammad, Etika Bisnis dalam Presfektif Islam, Malang: Penerbit UIN Malang Press, 2007.
Eldine, Achyar, Etika Bisnis Islam, Jurnal Khazanah, Vol 3, No 3, Oktober, 2007.
Indrianto, Nur dan Bambang Sopomo, Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta: BPEF, 1999.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisi, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat, 1995.
Muhammad, Etika Bisnis Islam, Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, 2004.
Muhammad dan Lukman Fauroni, Visi Al-Qur’an Tentang Etika Bisnis, Jakarta:Salemba Diniyah, 2002.
Karim, Azwar Adiwarman, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Karim. Adiwarman A, Ekonomi Mikro Islam, Jakarta; PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Karim, Abdul, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Minyak Eceran di Pasar Samarinda. Pemikiran Hukum Islam 1, no 1. (Desember 2013): h. 3-4.
Mardani, Fiqh Ekonomi Syariah, Jakarta: Kencana, 2012.
Mujahidin, Akhmad, Etika Bisnis dalam Islam: Analisis Terhadap Aspek Moralitas Pelaku Bisnis, 2005, Jurnal Hukum Islam, Vol. IV, No. 2, Desember.
HR, Mudhalifah,“Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Muslim Did Pasar Pa’Baeng-Baeng Makassar, Skripsi, Makassar: Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin, 2007.
Hoetoro, Arif, Ekonomi Islam: Pengantar Analisis Kesejarahan dan Metodologi, Malang, Fak. Ekonomi Universitas Brawijaya, 2007.
Naqvi, Haidar Nawad Syed, Mengagas Ilmu Ekonomi Islam, Terj. M. Saiful dan Muhammad Ufuqul Mubin, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Naqvi, Haidar Nawad Syed, Etika dan Ilmu Ekonomi: Suatu Sentesis Islami, Terj. Husain Anis dan Asep Hikmat, Bandung: MIZAN, 1985
Nasution, Mustafa Edwin, Pengenalan Ekslusif: Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana, 2007.
Rahmat. Amri Nur, Makassar siapkan pasar Pasar Pa’baeng- baeng sebagai pasar percontohan”, Kabar24.com, 03 September 2014. http://kabar 24. bisnis.com (13 Desember 2014).
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: CV.Alfabeta, 2008
RI. Departemen Agama, Al-Quran dan Terjemahnya , Bandung : Diponegoro, 2013.
Singgah, Santosa dan Tjiptono Fandy, Riset Pemasaran: Konsep dan Aplilasi dengan SPPS, Jakarta: Elex Media Komputindo. 2002.
Sukirno. Sadono, Mikroekonomi teori pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Bandung: Alfabeta, 2014
Siddiqi. Muhammad Nejatullah, Kegiatan Ekonomi Dalam Islam, cet. II, Jakarta; Bumi Aksara, 1996.
Taimiyah, Ibn, Majmu Fatawa Shayakh al- Islam Ahmad Ibn Taimiyah, Riyad: Matba at al Riyad, 1387 H.
Tika, Pabundu Moh, Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Tadjuddin, Andi wildawati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Pegadaian Syariah Veteran di Makassar” Skripsi Sarjana, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Alauddin Makassar, 2012.
Pusat Pengkajian &Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII Yogyakarta kerjasama BI, Ekonomi Islam, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada, 2014..
Wahyuni, Tetti, “Pemahaman Masyarakat Tehadap Mekanisme Jual Beli Secara Islami di Pasar Tradisional Malino”, Skripsi, Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin, 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v2i2.440
Article Metrics
Abstract views : 667 times | PDF - 318 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Alamat Penyunting & Distribusi:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: jurnalalif@gmail.com
Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.