Prinsip-Prinsip Umum Etika Bisnis Islam
Abstract
Perusahaan syariah adalah perusahaan yang dijalankan sesuai dengan hukum Islam, di mana semua cara untuk memperoleh dan menggunakan barang yang diperoleh harus mematuhi aturan halal dan haram hukum Islam. Islam menawarkan indikator, seperti standar moral atau prosedur operasi, untuk membantu bisnis berhasil di dunia serta akhirat. Dalam ekonomi Islam, ada lima prinsip yang harus diterapkan pada perdagangan syariah. Tinjauan pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode analisis isi digunakan sebagai metodologi penelitian untuk menggambarkan prinsip-prinsip umum etika bisnis Islam. Tinjauan Pustaka adalah metode penelitian yang mengumpulkan data tertulis dengan cara membaca dan mencatat referensi teori yang relevan sehingga diolah dalam kerangka yang memberikan suatu kesatuan yang utuh. Etika bisnis Islam adalah etika yang konsisten dengan prinsip-prinsip Islam. Jadi Anda tidak perlu stres tentang melakukan bisnis dengan asumsi bahwa itu benar dan baik. Etika bisnis Islam menempatkan penekanan kuat pada prinsip-prinsip Al-Quran. Secara umum, ada sejumlah prinsip yang membentuk etika bisnis Islam, termasuk prinsip persatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, serta kebenaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Faizin, Abdul Wahid, and Nash Akbar. Tafsir Ekonomi Kontemporer; Menggali Teori Ekonomi Dari Ayat-Ayat Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 2018.
Al-Ghazali, Al-Imam Abu Hamid. Ringkasan Ihya’ ’Ulumuddin. Edited by Rita Purwati. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006.
Azizah, Mabarroh. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring Di Toko Online Shopee.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 2, no. 2 (2021): 184–200. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.344.
Dahruji, and Arif Rachman Eka Permata. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik Dan Empiris Di Indonesia.” Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam 4, no. 1 (January 2017).
Danuri, and Siti Maisaroh. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru, 2019.
Darmawati. “ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM : EKSPLORASI PRINSIP ETIS AL QUR’AN DAN SUNNAH.” Jurnal Pemikiran Hukum Islam, no. 3 (2013): 58–68.
Desiana, Rina, and Noni Afrianty. “Landasan Etika Dalam Ekonomi Islam.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 3, no. 1 (2017): 119–35. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj/article/view/1166/990.
Djakfar, Muhammad. Etika Bisnis. Jakarta: Penebar Plus, 2012.
Fahlefi, Rizal. “PEMIKIRAN EKONOMI AL-GHAZALI.” JURIS 11, no. 1 (June 2012).
Fahmi, Muhamad Irsyadi. “Kajian Semiotika Al-Qur’an Makna Fanatisme Dalam Verba ‘Farraqu Diinahum’ Q.S. Ar-Rum: 30-37.” Journal of Multidisciplinary Studies 2, no. 1 (2018): 16. iksandaimul@gmail.com.
Ghafur, Abd. “ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM Abd. Ghafur 1.” Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, no. 2 (2018): 1–21.
Juliyani, Erly. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Ummul Quro 7, no. 1 (2016): 63–74. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/3081/2218.
Jusmaliani, Masyhuri, Mochammad Nadjib, Toerdin S, Usman, Diah Setiari Suhodo, M Econ, et al. Bisnis Berbasis Syari`ah. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Maksum, Moh. Ja’far Sodiq. Hukum Dan Etika Bisnis. Sleman: Deepublish, 2020.
Muafi Bin Thohir, Moh. “PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI TENTANG EKONOMI ISLAM DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN” 8, no. 2 (October 2, 2016).
Muis, Badrul. “Etika Bisnis Dalam Prespektif Ekonomi Islam.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 5, no. 1 (2021): 103–11.
Nawatmi, Sri. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Khazanah Ulum Ekonomi Syariah (JKUES) 5, no. 2 (2022): 11–17. https://doi.org/10.56184/jkues.v5i2.133.
Pasaribu, Lamtiur Mayogi Rohana. “ANALISIS PRINSIP DAN PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEMAJUAN BISNIS.” UIN Raden Intan Lampung, 2019. http://repository.radenintan.ac.id/7468/1/SKRIPSI.pdf.
Sobarna, Nanang. “Konsep Kepemilikan Dalam Ekonomi Islam Menurut Taqiyuddin An-Nabhani.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah 2, no. 2 (2021): 107–18.
Sugiyono. Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Swastha, Basu, and Ibnu Sukotjo. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Keti. Yogyakarta: Liberty Offset Yogyakarta, 1995.
Wati, Destiya, Suyudi Arif, and Abrista Devi. “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Humaira Shop.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 3, no. 1 (2021): 141–54. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.654.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v8i2.4514
Article Metrics
Abstract views : 2302 times | PDF - 891 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Alamat Penyunting & Distribusi:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: jurnalalif@gmail.com
Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.