Pengaruh Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha dan Halal Awareness UMKM di Sektor Halal Food (Studi Pada Pelaku Usaha UMKM Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya)

Aris Nurul Muiz, Aulia Damayanti, Regina Indra, Lina Marlina

Abstract


Produk halal kini telah menjadi tren dunia karena memiliki pasar yang potensial bahkan dengan adanya peningkatan industri halal, sektor pertumbuhan ekonomi mengalami kemajuan, kesadaran tentang konsep halal mulai meningkat, dan banyaknya perusahaan di bidang produk dan layanan mulai merespon kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel sertifikat halal terhadap variabel pendapatan usaha dan halal awareness UMKM. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Jumlah data yang diperoleh sebanyak 27 responden yang tersebar di daerah Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Hasil pengolahan data yang diolah menggunakan SPSS 23 dengan regresi linier berganda yang menunjukan bahwa variabel sertifikat halal berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan penjualan usaha, hal ini dapat dilihat dari signifikasi sertifikat halal sebesar 0,064 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikasi yang digunakan yaitu 0,05 atau 5%. Berdasarkan hasil pengolahan data peneliti menunjukkan bahwa variabel sertifikat halal berpengaruh signifikan terhadap halal awareness UMKM, hal ini dapat dilihat dari signifikasi halal awareness sebesar 0,093 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikasi yang digunakan yaitu 0,05 atau 5%.


Keywords


Sertifikat Halal; Makanan Halal; Pendapatan Usaha; Halal Awareness

Full Text:

PDF

References


Astuti, M. “Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle).” Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.55357/is.v1i1.16.

Aziz, Yuhanis Abdul, and Nyen Vui Chok. “The Role of Halal Awareness, Halal Certification, and Marketing Components in Determining Halal Purchase Intention Among Non-Muslims in Malaysia: A Structural Equation Modeling Approach.” Journal of International Food and Agribusiness Marketing 25, no. 1 (2013): 1–23. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.723997.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. “Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat.” Bps, 2018. https://jabar.bps.go.id/indicator/108/335/1/jumlah-penduduk-dan-agama-yang-dianut.html.

Fathoni, Muhammad Anwar. “Potret Industri Halal Indonesia: Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 3 (2020): 428. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146.

Faturohman, Irgiana. “Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap Makanan Halal. Studi Pada Konsumen Muslim Di Indonesia.” Jurnal Adminstrasi Niaga 10, no. 1 (2019): 882–93. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1525.

jabarprov.go.id. “409 UMKM Jabar Peroleh Sertifikasi Halal,” 2022. https://jabarprov.go.id/berita/409-umkm-jabar-peroleh-sertifikat-halal-8023.

Khairunnisa, Hana, Deni Lubis, and Qoriatul Hasanah. “Kenaikan Omzet UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal.” AL-MUZARA’AH 8, no. 2 (2020): 109–27. https://doi.org/10.29244/jam.8.2.109-127.

Rahim, Syamsuri, Tiara Halifah, Puspa Sari, Nur Wahyuni, Kata Kunci:, Makanan Halal, Peningkatan Pendapatan, Uji Regresi, and Linear Sederhana. “PENGARUH SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENJUALAN USAHA DI SEKTOR FOOD AND BEVERAGE KOTA MAKASSAR.” E-Jurnal.Nobel.Ac.IdS Rahim, THP Sari, N WahyuniJurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 2023•e-Jurnal.Nobel.Ac.Id, 2023. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jbk/article/view/3817.

Soemitra, A, ZM Nawawi - Jurnal EMT KITA, and undefined 2022. “Studi Literatur Implementasi Sertifikasi Halal Produk UMKM.” Journal.Lembagakita.Org 6, no. 2 (2021). http://journal.lembagakita.org/index.php/emt/article/view/541.

“State of The Global Islamic Economy Report 2022,” n.d. https://cdn.salaamgateway.com/reports/pdf/456642acf95a783db590e5b104cae94046047101.pdf.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2017.

Syamsuri Rahim, Tiara Halifah Puspa Sari, Nur Wahyun. “Pengaruh Sertifikat Halal Terhadap Peningkatan Pendapatan Penjualan Usaha Di Sektor Food And Beverage Kota Makassar.” Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan 12, no. 1 (2023): 69–78.

United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), and ASEAN Secretariat. “ASEAN Investment Report 2022 Pandemic Recovery and Investment Facilitation,” 2022. https://asean.org/book/asean-investment-report-2022/.

Wijaya, Tomy. Cepat Menguasai SPSS 19. Cetakan Ke 05 04 03 02 01. Yogyakarta: Cahaya Atma, 2011.

Yuwana, Siti Indah Purwaning, and Hikmatul Hasanah. “Literasi Produk Bersertifikasi Halal Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pada UMKM.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) 1, no. 2 (2021): 104–12. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.44.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v8i2.4829

Article Metrics

Abstract views : 1028 times | PDF - 301 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats