IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN PEMBANGUNAN DAERAH (TAPEMDA) DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SULSELBAR CABANG POLEWALI MANDAR
Abstract
Pemikiran bahwa setiap perusahaan mempunyai sebuah tujuan tersendiri yang menjadi motivasi utama bagi berdirinya perusahaan tersebut. Untuk tercapainya tujuan dari setiap perusahaan tentunya menggunakan strategi pemasaran dan manajemen yang diyakini dapat meningkatkan volume penjualan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di PT. Bank Pembangunan Daerah SulSelBar Cabang Polewali Mandar dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap implementasi strategi pemasaran yang diterapkan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara antara informan dari PT. Bank Pembangunan Daerah SulSelBar Cabang Polewali Mandar dan beberapa tokoh agama, riset kepustakaan dari berbagai sumber seperti buku serta artikel dari internet yang berkaitan dengan penelitian dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran yang diterapkan di PT. Bank Pembangunan Daerah SulSelBar Cabang Polewali Mandar adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menambah jumlah pelanggan dan calon pelangan serta mempertahankan pelanggan dan menjaring pelanggan baru melalui sistem perencanaan, pengembangan produk dan pemasaran dengan meningkatkan mutu pelayanan yang beretika kemasyarakatan kepada setiap pelanggan. Adapun bila ditinjau dari perspektif hukum Islam, implementasi praktek pemasaran yang diterapkan di PT. Bank Pembangunan Daerah SulSelBar Cabang Polewali Mandar hukumnya dimubahkan (diperbolehkan) sepanjang dalam praktek pemasaran yang diterapkan tidak terdapat unsur kezaliman, eksploitasi yang tinggi dari salah satu pihak, serta tidak adanya pelanggaran atas norma-norma dan nilai-nilai kemanusiaan antara kedua belah pihak yang melakukan transaksi. Hal ini sejalan dengan prinsip hukum Islam yang menganjurkan agar praktek pemasaran dalam setiap bentuk perniagaan ditujukan untuk kemaslahatan bersama tanpa adanya salah satu pihak yang mengalami kerugian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi, Shohihu Muslim bi-Syarhi an-Nawawi, Cet. I; Kairo: Maktabah al-Shofah. 2003.
Anoraga, Panji, Manajemen Bisnis, Jakarta: PT Asdi Mahasatya. 2004.
Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, & Strategi, Ed. I. Cet. XI; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Oktober 2011.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Al-Madinat al-Munawwarat: Mujamma’ Khadim al-Haramayn al-Syarifayn al-Malik Fahd Li Thaiba’at al-Mushhaf al-Syarif, 1424H/2004M.
Fauzia, Yunia, Ika, Etika Bisnis dalam Islam, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Maret 2013.
Hermansyah, Hukum Perbankan Nasional Indonesia, Ed. Rev. Cet. VI; Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Januari 2011.
Idri, Hadis Ekonomi : Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Januari 2015.
Kasmir, Kewirausahaan, Ed. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2008.
, Kewirausahaan, Ed. I. Cet. III; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2008.
, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Ed. Rev. Cet. VIII; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2008.
Kuswana, Dadang, Metode Penelitian Sosial, Cet. I; Bandung: CV Pustaka Setia. Desember 2011.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Ed. XII; Jakarta: Erlangga, 2008.
Mursid, M., Manajemen Pemasaran, Cet. IV; Jakarta: PT Bumi Aksara. 2006.
Nisak, Zuhrotun, Analisis SWOT untuk menentukan Strategi Kompetitif.pdf.
Praswoto, Andi, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2011.
Rangkuti, Fredy, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1997.
Salam, Faisal, Moch., Pertumbuhan Hukum Bisnis Syari’ah di Indonesia, Cet. I; Bandung: Pustaka. 2006.
Sjahdeini, Remy, Sutan, Perbankan Islam dan kedudukannya dalam tata hukum perbankan Indonesia, Cet. I; Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti. 1999.
Syafe’i, Rachmat, Fiqih Muamalah, Cet. I; CV Pustaka Setia. Maret 2001.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XXI; Bandung: Alfabeta. Februari 2011.
Sekaran, Uma, Metodologi Penelitian, Untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat. 2006
Taufik, Masjono, Ali, Hubungan Maisir, Gharar dan Riba dengan Strategi Pembiayaan Berbasis Syari’ah di Bank Muamalat Indonesia.pdf.
T. Nirmala, Andini dan A. Pratama, Aditya, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Cet. I; Surabaya: Prima Media. 2003.
Umar, Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Ed. I, Cet. XI; Jakarta: Rajawali Pers PT Raja Grafindo Persada, Februari 2011.
Widjanarto, Hukum dan Ketentuan Perbankan di Indonesia, Ed. IV, Cet. I; Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Maret 2003.
Wiyata, Sri, Dampak Negatif Sistem Pemasaran pada Konsumen.
http://profilbanksulselbar.co.id/page/produk-tabungan-pembangunan-daerah-bank-sulselbar.htm.
http://www.sarjanaku.com/pengertian-hukum-islam-syariat-islam.html.
http://mulyajho.blogspot.co.id/pengertian-produk-definisi-kualitas-produk-dan-dimensi-kualitas-produk.html.
http;//www.strategi-pemasaran.co.id/konsep-pemasaran.html.
http://profilbanksulselbar.co.id/page/profil-bank-sulsel
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v3i1.522
Article Metrics
Abstract views : 304 times | PDF - 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Alamat Penyunting & Distribusi:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: jurnalalif@gmail.com
Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.