FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH BERTRANSAKSI PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK DI TINJAU DARI BAURAN PEMASARAN 4P (STUDY KASUS PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK. KANTOR CABANG PEMBANTU WONOMULYO)

Muhammad Alwi

Abstract


Bauran pemasaran merupakan suatu yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri atas 4 kelompok, yaitu : produk, harga, promosi, dan tempat atau saluran distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab nasabah menabung dan bagaimana proses transaksi. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengukuran data yang pokok. Sampel pada penelitian ini yaitu nasabah pada PT. Bank muamalat Indonesia Tbk. Kantor cabang pembantu Wonomulyo sebanyak 100 responden. Jenis data primer diperoleh melalui angket,wawancara langsung, dan data sekunder diperoleh dari  observasi, kepustakaan atau dari catatan instansi, atau dari mana saja sudah diolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah bertransaksi di PT. Bank muamalat Indonesia Tbk. Dan proses pemasaran pada PT. Bank muamalat Indonesia Tbk. Adalah produk yang sangat menarik, tempat yang sangat strategis, pelayanan pada CS, Teller, Marketing yang baik dan pelayanan yang prima.



Keywords


nasabah; transaksi; bauran pemasaran 4P

Full Text:

PDF

References


Antonio Syafi’i dan Muhammad, Bank Syariah dari Teori dan Praktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

Antonio Syafi'i, Bank Syari'ah dari Teori Kepraktik. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

Bungin Burhan, Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: prenadamedia group, 2005.

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, Metode Penelitian, Cet. 10; Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Fuad, et al., eds, pengantar Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, anggota IKAPI. Jakarta: 2000.

Harrison Lisa, Metode Penelitian Politik. Jakarta: Kencana, 2009.

Hasibuan Malayu, Perbankan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2002.

Idri, Hadits Ekonomi. Ekonomi dalam Perspektif Hadits Nabi. Jl. Tambra raya No. 23 Rawamangun, Jakarta: 2015.

Karim Adiwarman, Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: IIIT Indonesia, 2003.

Kasmir, Pemasaran Bank. Jakarta: prenada media, 2004.

Kotler Philip, Manajemen Pemasaran. Jilid 1; Jakarta: penerbit erlangga,1999.

Kotler Philip dan Gary Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2; Jakarta: Prenhallindo, 1998.

Kotler Philip dan Kevin lane kotler, Marketing Management, terj. Bob Sabran, Manajemen Pemasaran, Edisi 13; Jakarta: Erlangga, 2009.

Kotler Philip dan Kevin Lane Kotler, Manajemen Pemasaran, Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang, 2009.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

M. Fuad, et al., eds, pengantar Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, anggota IKAPI, Jakarta: 2000.

Muhammad, Kebijakan Moneter dan Fiskal Dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: Salemba Empat, 2002.

Mulyadi. B, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Konvensional dan Bank Syariah” Penelitian Sarjana, Fakultas Agama Islam Unasman, Polewali Mandar, 2017.

Narbuko Cholid dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian. Cet II; Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2010.

Narbuko Cholid dan Abu Achmadi, Metode Penelitian. Jakarta: PT bumi aksara, 2010.

Renaisan, Fatwa-Fatwa: Ekonomi Syariah Kontemporer. Cet. 1; Jakarta: 2005.

Rianse Usman dan Abdi, Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Saharing, “Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar). Penelitian Respon Masyarakat terhadap Hadirnya Bank Muamalat Syariah, Tbk Indonesia” Penelitian Sarjana, Fakultas Agama Islam Unasman, Polewali Mandar. 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 1999.

Sudarsono Heri, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah DePenelitian dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonisia, 2008.

Sumitro Warkum, Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Syarif Arbi, Mengenal Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank. Jakarta: Djambatan, 2002.

Prasetyo Bambang, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Grafindo,2005.

Tanzeh Ahmad, Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009.

Zulfadlika, “Impelementasi Manajemen Risiko Pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Kabupaten Rokan Hilir”, Penelitian Sarjana, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v3i1.524

Article Metrics

Abstract views : 447 times | PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats