SISTEM PELAYANAN BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS: PELAYANAN PADA BANK BRI UNIT BUMIAYU DAN BANK MUAMALAT CAPEM WONOMULYO KECAMATAN WONOMULYO)

Mirwan Mirwan

Abstract


Penelitian  ini membahas tentang Sistem Pelayanan Bank Konvensional Dan  Bank Syariah (Studi Kasus: Pelayanan Pada Bank Bri Unit Bumiayu Dan Bank Muamalat Capem Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo) maka yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana sistem pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah, dan apakah pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah sudah sesuai dengan etika Islam. Melalui pokok permasalahan ini sehingga muncullah suatu tujuan penelitian, untuk mengetahui sistem pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah dan Mengetahui sistem Pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah di tinjau dalam etika Islam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pendekatan ini penelitian kualitatif maka menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskriptif, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan.  Dari hasil penelitian Bank konvensional dan Bank Syariah ternyata metode pelayanannya terhadap nasabah itu sama, menggunakan senyum sapa dan salam, selain itu juga sistem yang digunakan oleh Bank Konvensional dan Bank Syariah merujud pada etika islam, sebab islam mengajarkan kita untuk senantiasa membangun Hablumminannas (Hubungan yang baik terhadap sesama Manusia). Selain itu Juga dalam Islam Juga Mengajarkan sikap Empati yang merupakan wujud dari pegawai Bank untuk memberikan kemudahan pada pelanggan dengan senang hati dalam melakukan transaksi. Alqur’an mengajarkan untuk senantiasa berwajah Manis, dan berperilaku Yang Baik.

 



Keywords


sistem pelayanan; konvensional; syariah

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Dan terjemahan, CV Penerbit Jumanatul Ali-Art Bandung 2006

Arif Al Rianto Nur M., Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta: Bandung 2012.

Ali Zainuddin, Hukum perbankan syariah cet. pertama; Jakarta April 2008

Arief Muhtosim, Pemasaran jasa dan kualitas pelayanan, Malang: Bayu Media Publishing, 2007

Alfan Muhammad, Etika Manajemen Islam, Cetakan Pertama Bandung; Pustaka Setia 2010

Azwar Saifuddin, Metode Penelitian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. 2007

Athoilla Anton M., Dasar-dasar Menejemen,cet 1;Bandung,Pustaka setia,2010

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Balai Pustaka, 2005

Dinas Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, 2003

Djumhana Muhammad, Hukum Perbankan di Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2003

Fauzia yunia Ika, Etika Bisnis Dalam Islam Cet. Pertama; jakarta: Pena grafika 2013

Fahim M. KHan, Esai-esai ekonomi islam edisi ke 1 cet.1; jakarta: rajawali pers 2014

Hasan hasbi, Pemikiran dan perkembangan hukum ekonomi syariah di dunia islam kontemporer jakarta:gramata publishing 2011

Hakim Aziz Muhammad, Dasar dan strategi pemasaran syariah, Jakarta;renaisan2006

Ibi Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: Pt gramedia pustaka utama cet 1 2014

Jasfar farida, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia 2005

Kadir A., Hukum Bisnis Syariah Dalam Alquran Cet. Pertama; jakarta: sinar grafika 2010

Kasmir. Manajemen Perbankan Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2007

Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada 2008

Kertajaya Hermawan, Syariah Marketing, Penerbit Mizan, Bandung, 2006.

Muhammad Muflih. Prilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006

Muhammad, Bank Syariah, Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia,

Yogyakarta: Graha ilmu, 2005

Narbuko. Cholid dan Achmadi, Abu. Metode Penelitian. Cet. 10; Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Rahayu Elakawati, Manajemen Pemasaran. Nora Media Enterprise, Kudus 2010

Philip kotler dan amstrong, Dasar- dasar pemasaran, jakarta; intermedia1992

Rangkuti Freddy . Mengukur Pelayanan Jasa, jakarta; Gramedia Pustaka Utama 2013

Rohman Faktur. Memahami Bisnis Bank Syariah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ratminto. Pelayanan Prima, Cetakan Pertama Yogyakarta; Gadjah Mada Universty Press

Suprapto. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan, Jakarta; R ineka cipta 2011

Rangkuti Freddy. Customer Care exellence, Cetakan pertama Jakarta; Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009

Sudarsono Heri, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Cet.1 Yogyakarta:Ekonosia 2004

Tjiptono Fandi, Pemasaran jasa. Malang: Bayu media publishing. 2007

Tjiptono Fandi dan Gregorius Chandra. Service Quality Satisfaction yogyakarta: Penerbit Andi 2005

Untara Wahyu, Kamus Bahasa Indonesi, Yogyakarta: Kawah media cet 1 2013

Qarhdawi Yusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, GIP, Jakarta, 1997

Yusmad Arafat Muammar. Aspek Hukum Perbankan Syariah, Cetakan Pertama Yogyakarta; Deepublish CV Budi Utama

Zaeni Zulkifli. Memahami Bisnis Bank, cetakan 1. Jakarta; PT Gramedia Jakarta Utama 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v3i1.529

Article Metrics

Abstract views : 1045 times | PDF - 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats