SISTEM PELAYANAN BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS: PELAYANAN PADA BANK BRI UNIT BUMIAYU DAN BANK MUAMALAT CAPEM WONOMULYO KECAMATAN WONOMULYO)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Sistem Pelayanan Bank Konvensional Dan Bank Syariah (Studi Kasus: Pelayanan Pada Bank Bri Unit Bumiayu Dan Bank Muamalat Capem Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo) maka yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana sistem pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah, dan apakah pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah sudah sesuai dengan etika Islam. Melalui pokok permasalahan ini sehingga muncullah suatu tujuan penelitian, untuk mengetahui sistem pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah dan Mengetahui sistem Pelayanan Bank Konvensional dan Bank Syariah di tinjau dalam etika Islam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pendekatan ini penelitian kualitatif maka menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskriptif, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Dari hasil penelitian Bank konvensional dan Bank Syariah ternyata metode pelayanannya terhadap nasabah itu sama, menggunakan senyum sapa dan salam, selain itu juga sistem yang digunakan oleh Bank Konvensional dan Bank Syariah merujud pada etika islam, sebab islam mengajarkan kita untuk senantiasa membangun Hablumminannas (Hubungan yang baik terhadap sesama Manusia). Selain itu Juga dalam Islam Juga Mengajarkan sikap Empati yang merupakan wujud dari pegawai Bank untuk memberikan kemudahan pada pelanggan dengan senang hati dalam melakukan transaksi. Alqur’an mengajarkan untuk senantiasa berwajah Manis, dan berperilaku Yang Baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an Dan terjemahan, CV Penerbit Jumanatul Ali-Art Bandung 2006
Arif Al Rianto Nur M., Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta: Bandung 2012.
Ali Zainuddin, Hukum perbankan syariah cet. pertama; Jakarta April 2008
Arief Muhtosim, Pemasaran jasa dan kualitas pelayanan, Malang: Bayu Media Publishing, 2007
Alfan Muhammad, Etika Manajemen Islam, Cetakan Pertama Bandung; Pustaka Setia 2010
Azwar Saifuddin, Metode Penelitian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. 2007
Athoilla Anton M., Dasar-dasar Menejemen,cet 1;Bandung,Pustaka setia,2010
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Balai Pustaka, 2005
Dinas Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, 2003
Djumhana Muhammad, Hukum Perbankan di Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2003
Fauzia yunia Ika, Etika Bisnis Dalam Islam Cet. Pertama; jakarta: Pena grafika 2013
Fahim M. KHan, Esai-esai ekonomi islam edisi ke 1 cet.1; jakarta: rajawali pers 2014
Hasan hasbi, Pemikiran dan perkembangan hukum ekonomi syariah di dunia islam kontemporer jakarta:gramata publishing 2011
Hakim Aziz Muhammad, Dasar dan strategi pemasaran syariah, Jakarta;renaisan2006
Ibi Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: Pt gramedia pustaka utama cet 1 2014
Jasfar farida, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia 2005
Kadir A., Hukum Bisnis Syariah Dalam Alquran Cet. Pertama; jakarta: sinar grafika 2010
Kasmir. Manajemen Perbankan Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2007
Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada 2008
Kertajaya Hermawan, Syariah Marketing, Penerbit Mizan, Bandung, 2006.
Muhammad Muflih. Prilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006
Muhammad, Bank Syariah, Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia,
Yogyakarta: Graha ilmu, 2005
Narbuko. Cholid dan Achmadi, Abu. Metode Penelitian. Cet. 10; Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Rahayu Elakawati, Manajemen Pemasaran. Nora Media Enterprise, Kudus 2010
Philip kotler dan amstrong, Dasar- dasar pemasaran, jakarta; intermedia1992
Rangkuti Freddy . Mengukur Pelayanan Jasa, jakarta; Gramedia Pustaka Utama 2013
Rohman Faktur. Memahami Bisnis Bank Syariah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ratminto. Pelayanan Prima, Cetakan Pertama Yogyakarta; Gadjah Mada Universty Press
Suprapto. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan, Jakarta; R ineka cipta 2011
Rangkuti Freddy. Customer Care exellence, Cetakan pertama Jakarta; Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009
Sudarsono Heri, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Cet.1 Yogyakarta:Ekonosia 2004
Tjiptono Fandi, Pemasaran jasa. Malang: Bayu media publishing. 2007
Tjiptono Fandi dan Gregorius Chandra. Service Quality Satisfaction yogyakarta: Penerbit Andi 2005
Untara Wahyu, Kamus Bahasa Indonesi, Yogyakarta: Kawah media cet 1 2013
Qarhdawi Yusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, GIP, Jakarta, 1997
Yusmad Arafat Muammar. Aspek Hukum Perbankan Syariah, Cetakan Pertama Yogyakarta; Deepublish CV Budi Utama
Zaeni Zulkifli. Memahami Bisnis Bank, cetakan 1. Jakarta; PT Gramedia Jakarta Utama 2013
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v3i1.529
Article Metrics
Abstract views : 1045 times | PDF - 258 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Alamat Penyunting & Distribusi:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: jurnalalif@gmail.com
Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.