PENGARUH PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Polewali. Dalam penelitian tersebut yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimanakah proses pelayanan di Bank Syariah Mandiri dan apakah terdapat pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri. Dalam pengumpulan data, digunakan metode kuantitatif library research dan field research yang terdiri dari bahan bacaan kepustakaan yang berkaitan dengan judul skripsi ini, dokumentasi, interview digunakan untuk mengetahui bagaimana tanggapan nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri beserta pelayanan dan produk yang ditawarkan, kemudian angket digunakan untuk mengetahui pendapat nasabah mengenai bagaiman pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali. Penelitian kuantitatif yang digunakan menggunakan tekhnik analisis data statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan yang dilaksanakan telah sesuai dengan Standar Kualitas pelayanan, dan pelayanan yang baik serta memuaskan nasabah merupakan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat loyalitas, sehinggan nasabah tetap aktif melakukan transaksi di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurachman, Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2007
Ali, Zainuddin. Hukum Perbankan Syariah Cet. 1. Jakarta: Sinar Grafika. 2008
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 2010
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta. 2010
Buku Pedoman Bank Syariah Mandiri. 2015
Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Jakarta: prenada media group. 2005
B, Hamzah. Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian, Jakarta: Delima Press. 2010
Busrah, Tesis Magister, Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan: Jurusan Ekonomi Islam, Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar. 2018
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an danTerjemahnya, al-Madinat al-Munawwarat: Mujamma’ Khadim al-Haramayn al-Syarifayn al-Malik Fadh li Thiba’ at al-Syarif, 1430 H
Djaali, H. dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia Widia sarana. 2008
Harrison, Lisa. Metode Penelitian Politik, Jakarta: Kencana. 2009
Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta. 2005
Ismail. Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana. 2011
J, Lexy Moleong. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2002
Julias, Yudi dan Nandan Limakrisna. Manajemen Pemasaran Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Jakarta: Deepublish. 2014
Kasmir.Etika Customer Service, Jakarta: PT. Raja Grafindo. 2005
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Implementasi Kontrol Jilid 1,Jakarta: Erlangga. 2001
Narbuko, Choliddan Abu Achmadi.Metode Penelitian Cet. 10, Jakarta: Bumi Aksara. 2009
Narbuko, Choliddan Abu Achmadi.Metode Penelitian, Jakarta: PT bumiaksara. 2010
Nuryadi. Pengaruh Loyalitas Nasabah Terhadap Penerapan Nilai-Nilai Islam di Bank Syariah Mandiri, Skripsi, Polman: Fak. Agama Islam. 2016
Panolong, Harbani. Metode Penelitian Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta cv. 2013
Payne, Adrian. Service Marketing Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Andi. 2000
Puspowarsito.Metode Penelitian Organisasi, Bandung: Humaniora. 2008
Prasetyo, Bambang. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Jakarta: Grafindo. 2005
Rangkuti, Freddy.Measuring Customer Satisfacion, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2006
Rianse, Usman dan Abdi.Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta. 2012
Syar’I, Muhammad Antonio. Bank Syariah dan Praktik, Jakarta: GemaInsani. 2003
Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta. 2014
Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta. 1999
Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Teras. 2009
Tjiptono, Fandi. Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi Ofset. 2011
Wirdyaningsi.Bank dan Asuransi di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2005
Yunia, Ika Fauzia. Etika Bisnis Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2013
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v4i1.535
Article Metrics
Abstract views : 472 times | PDF - 199 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Alamat Penyunting & Distribusi:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: jurnalalif@gmail.com
Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.