PENGARUH PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Rahmah Muin, Resqi Amalia Futri

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Polewali. Dalam penelitian tersebut yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimanakah proses pelayanan di Bank Syariah Mandiri dan apakah terdapat pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri. Dalam pengumpulan data, digunakan metode kuantitatif library research dan field research yang terdiri dari bahan bacaan kepustakaan yang berkaitan dengan judul skripsi ini, dokumentasi, interview digunakan untuk mengetahui bagaimana tanggapan nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri beserta pelayanan dan produk yang ditawarkan, kemudian angket digunakan untuk mengetahui pendapat nasabah mengenai bagaiman pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali. Penelitian kuantitatif yang digunakan menggunakan tekhnik analisis data statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan yang dilaksanakan telah sesuai dengan Standar Kualitas pelayanan, dan pelayanan yang baik serta memuaskan nasabah merupakan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat loyalitas, sehinggan nasabah tetap aktif melakukan transaksi di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali.

 

 


Keywords


pelayanan;loyalita;nasabah

Full Text:

PDF

References


Abdurachman, Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. 2007

Ali, Zainuddin. Hukum Perbankan Syariah Cet. 1. Jakarta: Sinar Grafika. 2008

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Buku Pedoman Bank Syariah Mandiri. 2015

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Jakarta: prenada media group. 2005

B, Hamzah. Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian, Jakarta: Delima Press. 2010

Busrah, Tesis Magister, Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan: Jurusan Ekonomi Islam, Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar. 2018

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an danTerjemahnya, al-Madinat al-Munawwarat: Mujamma’ Khadim al-Haramayn al-Syarifayn al-Malik Fadh li Thiba’ at al-Syarif, 1430 H

Djaali, H. dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia Widia sarana. 2008

Harrison, Lisa. Metode Penelitian Politik, Jakarta: Kencana. 2009

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta. 2005

Ismail. Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana. 2011

J, Lexy Moleong. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2002

Julias, Yudi dan Nandan Limakrisna. Manajemen Pemasaran Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Jakarta: Deepublish. 2014

Kasmir.Etika Customer Service, Jakarta: PT. Raja Grafindo. 2005

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Implementasi Kontrol Jilid 1,Jakarta: Erlangga. 2001

Narbuko, Choliddan Abu Achmadi.Metode Penelitian Cet. 10, Jakarta: Bumi Aksara. 2009

Narbuko, Choliddan Abu Achmadi.Metode Penelitian, Jakarta: PT bumiaksara. 2010

Nuryadi. Pengaruh Loyalitas Nasabah Terhadap Penerapan Nilai-Nilai Islam di Bank Syariah Mandiri, Skripsi, Polman: Fak. Agama Islam. 2016

Panolong, Harbani. Metode Penelitian Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta cv. 2013

Payne, Adrian. Service Marketing Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Andi. 2000

Puspowarsito.Metode Penelitian Organisasi, Bandung: Humaniora. 2008

Prasetyo, Bambang. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Jakarta: Grafindo. 2005

Rangkuti, Freddy.Measuring Customer Satisfacion, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2006

Rianse, Usman dan Abdi.Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta. 2012

Syar’I, Muhammad Antonio. Bank Syariah dan Praktik, Jakarta: GemaInsani. 2003

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta. 2014

Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta. 1999

Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Teras. 2009

Tjiptono, Fandi. Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi Ofset. 2011

Wirdyaningsi.Bank dan Asuransi di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2005

Yunia, Ika Fauzia. Etika Bisnis Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v4i1.535

Article Metrics

Abstract views : 472 times | PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats