PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) POLEWALI MANDAR KECAMATAN WONOMULYO

Muhammad Muzani Zulmaizar

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana mengetahui kualitas pelayanan Automatic Teller Machine (ATM) terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali Mandar, Kecamatan Wonomulyo dan Mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali Mandar, Kecamatan Wonomulyo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) polewali mandar, Kecamatan Wonomulyo. selanjutnya metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket. kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Automatic Teller Machine (ATM) sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah berdasarkan angket yang diisi oleh nasabah Bank Mandiri berjumlah 60 nasabah dari populasi 600 nasabah, dalam melakukan transaksi mengunakan layanan mesin ATM untuk penarikan tunai dalam jumlah tertentu, ganti PIN, pembayaran, informasi saldo dan trasfer pada Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Polewali Mandar, Kecamatan Wonomulyo. Metode sampel yang digunakan adalah metode Purposive sampling yaitu 10% dari jumlah populasi  Implikasi pada penelitian ini adalah 1. Bagi Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Wonomulyo meningkatkan kualitas layanan segala transaksi khususnya pada mesin ATM. Agar mempermudah  nasabah dalam melakukan segala jenis transaksi pelayanan ATM yang kurang memadai. Dan memperbanyak adanya mesin ATM pada tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi oleh nasabah. 2. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan penelitian dengan menambah variabel yang dapat mempengaruhi kepuasaan Nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Wonomulyo.


Keywords


teller;atm

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahannya. Semarang: PT. Toha Putra, 1997.

A,Hamdani Rampat Lupiyoadi,.Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Salamba Empat 2008

Alwi Hasan, dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka, 2005

Al-arif Rianto Nur M., Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Afabeta 2010

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Arikunto Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Achmadi Abu dan Narbuko Cholik, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara 2009

Busyrah, Tesis: “Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan” : Jurusan Ekonomi Islam, Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2018

Bungin Burhan, Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Jakarta: prenadamedia group, 2005

Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press, 2001

Handiman Edia dan Arthesa Ade, Bank dan Lembaga Bukan Bank, Jakarta : PT. Indeks, 2009

Hidayat Rahmat “Pengaruh Kualitas, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri”,Jurnal Manajemen Kewirausahaan, Bandung: Graha Ilmu,2011

Hamdani dan Lupiyoadi Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2006

Handiman Edia dan Arthesa Ade, Bank dan Lembaga bukan bank, Jakarta: PT Indeks, 2009

Indonesia Bankir Ikatan, Mengelola Kualitas Pelayanan Perbankan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014

Ismail, Manajemen Perbankan, Jakarta: Kencana, 2011

Kasmir, Kewirausahaan, Jakarta: Rajawali Pers, 2003

Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: Rajawali Press, 2013

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003

Latumaerissa R, Julius., Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta : Salemba Empat, 2011 Latumaerissa R. Julius, Bank dan Lembaga keuangan lain, Jakarta: Salemba Empat, 2011

Munandar Dadang, Relationship Marketing Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: Ekuilibria,

Mahi Hikmat M, Metode Penelitian Dalam Prespektif Ilmu Ekonomi dan Sastra, Yokyakarta: Ghara Ilmu , 2014

M.M Tika, Pabundu Moh., Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: Bumi Aksa,2006

Moleong J.Lexy Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: RemajaRosdakarya, 2002

Shihab M.Quraish, “Tafsir Al-Mishbah”, Jakarta: Lentera Hati, 2002

Pusat bahasa departemen pendidikan nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Jakarta: Balai Pustaka, 2017

pelajarDunia.com, Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli, http://www.dunia pelajar.com/2014/08/07/pengertian-pengaruh-menurut-para-ahli/,

Rosinta Febrina, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, Bandung: ALFABETA, 2012

Aldursanie Ridwan, Kualitas Pelayanan Dalam Islam, http:// Ridwan202. wordpress.com/ 2013/02/11/kualitas-pelayanan-dalam-islam/,

Sudijono Anas, Pengantar Statistic Pendidikan, Cet 22 Jakarta: Raja Grafindo Persada 2010

Sugiyono Dr.Prof., Metode Penelitian pendidikan, Bandung: Jl. Gegerkolong Hilir 2013

Sugiarto Endar, Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999

Suyanto, Dasar-Dasar Perbankan, Yagyakarta: CAPS. 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011

sumarni Murti, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2011

Tjiptono Fandi, Manajemen Jasa, Edisi IV, Yogyakarta: Andi, 2006

Tika Pabundu Moh, Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010

Tjiptono Fandy, Strategi pemasaran,Yogyakarta: CV.Andi Offset, 1997

Tanzeh Ahmad, Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009

Tindaon Abdian Yosi, Pengertian Pengaruh, http://yosiabdiantindaon.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-pengaruh.html,

Umar Husein, Metode Penelitian skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2011

Wahjono Imam Sentot, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v4i1.539

Article Metrics

Abstract views : 2102 times | PDF - 1159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats