PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) POLEWALI MANDAR KECAMATAN WONOMULYO
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana mengetahui kualitas pelayanan Automatic Teller Machine (ATM) terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali Mandar, Kecamatan Wonomulyo dan Mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Polewali Mandar, Kecamatan Wonomulyo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) polewali mandar, Kecamatan Wonomulyo. selanjutnya metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket. kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Automatic Teller Machine (ATM) sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah berdasarkan angket yang diisi oleh nasabah Bank Mandiri berjumlah 60 nasabah dari populasi 600 nasabah, dalam melakukan transaksi mengunakan layanan mesin ATM untuk penarikan tunai dalam jumlah tertentu, ganti PIN, pembayaran, informasi saldo dan trasfer pada Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Polewali Mandar, Kecamatan Wonomulyo. Metode sampel yang digunakan adalah metode Purposive sampling yaitu 10% dari jumlah populasi Implikasi pada penelitian ini adalah 1. Bagi Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Wonomulyo meningkatkan kualitas layanan segala transaksi khususnya pada mesin ATM. Agar mempermudah nasabah dalam melakukan segala jenis transaksi pelayanan ATM yang kurang memadai. Dan memperbanyak adanya mesin ATM pada tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi oleh nasabah. 2. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan penelitian dengan menambah variabel yang dapat mempengaruhi kepuasaan Nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Wonomulyo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahannya. Semarang: PT. Toha Putra, 1997.
A,Hamdani Rampat Lupiyoadi,.Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Salamba Empat 2008
Alwi Hasan, dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka, 2005
Al-arif Rianto Nur M., Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Afabeta 2010
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Arikunto Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Achmadi Abu dan Narbuko Cholik, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara 2009
Busyrah, Tesis: “Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan” : Jurusan Ekonomi Islam, Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2018
Bungin Burhan, Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Jakarta: prenadamedia group, 2005
Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press, 2001
Handiman Edia dan Arthesa Ade, Bank dan Lembaga Bukan Bank, Jakarta : PT. Indeks, 2009
Hidayat Rahmat “Pengaruh Kualitas, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri”,Jurnal Manajemen Kewirausahaan, Bandung: Graha Ilmu,2011
Hamdani dan Lupiyoadi Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2006
Handiman Edia dan Arthesa Ade, Bank dan Lembaga bukan bank, Jakarta: PT Indeks, 2009
Indonesia Bankir Ikatan, Mengelola Kualitas Pelayanan Perbankan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014
Ismail, Manajemen Perbankan, Jakarta: Kencana, 2011
Kasmir, Kewirausahaan, Jakarta: Rajawali Pers, 2003
Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: Rajawali Press, 2013
Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2003
Latumaerissa R, Julius., Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Jakarta : Salemba Empat, 2011 Latumaerissa R. Julius, Bank dan Lembaga keuangan lain, Jakarta: Salemba Empat, 2011
Munandar Dadang, Relationship Marketing Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: Ekuilibria,
Mahi Hikmat M, Metode Penelitian Dalam Prespektif Ilmu Ekonomi dan Sastra, Yokyakarta: Ghara Ilmu , 2014
M.M Tika, Pabundu Moh., Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: Bumi Aksa,2006
Moleong J.Lexy Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: RemajaRosdakarya, 2002
Shihab M.Quraish, “Tafsir Al-Mishbah”, Jakarta: Lentera Hati, 2002
Pusat bahasa departemen pendidikan nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Jakarta: Balai Pustaka, 2017
pelajarDunia.com, Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli, http://www.dunia pelajar.com/2014/08/07/pengertian-pengaruh-menurut-para-ahli/,
Rosinta Febrina, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, Bandung: ALFABETA, 2012
Aldursanie Ridwan, Kualitas Pelayanan Dalam Islam, http:// Ridwan202. wordpress.com/ 2013/02/11/kualitas-pelayanan-dalam-islam/,
Sudijono Anas, Pengantar Statistic Pendidikan, Cet 22 Jakarta: Raja Grafindo Persada 2010
Sugiyono Dr.Prof., Metode Penelitian pendidikan, Bandung: Jl. Gegerkolong Hilir 2013
Sugiarto Endar, Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999
Suyanto, Dasar-Dasar Perbankan, Yagyakarta: CAPS. 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011
sumarni Murti, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2011
Tjiptono Fandi, Manajemen Jasa, Edisi IV, Yogyakarta: Andi, 2006
Tika Pabundu Moh, Metodologi Riset Bisnis, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010
Tjiptono Fandy, Strategi pemasaran,Yogyakarta: CV.Andi Offset, 1997
Tanzeh Ahmad, Pengantar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009
Tindaon Abdian Yosi, Pengertian Pengaruh, http://yosiabdiantindaon.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-pengaruh.html,
Umar Husein, Metode Penelitian skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2011
Wahjono Imam Sentot, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v4i1.539
Article Metrics
Abstract views : 2102 times | PDF - 1159 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Alamat Penyunting & Distribusi:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: jurnalalif@gmail.com
Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.