IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN KUDUS

Abdul Wachid, David Laksamana Caesar

Abstract


Indonesia diperkirakan menghasilkan sampah sebanyak 64 juta ton setiap tahun. Angka ini sangat tinggi, karena baru 7 persen saja dari jumlah sampah tersebut yang telah dikelola. Kabupaten Kudus telah mempuyai kebijakan tentang pengelolaan sampah, namun kebijakan tersebut belum diketahui oleh sebagian besar masyarakat di Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jumlah informan 4 orang. Instrument penelitian menggunakan panduan wawancara, alat perekam, dan kamera. Metode analisis menggunakan thematic content analysis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pemerintah setempat belum melakukan kegiatan sosialisasi kebijakan pengelolaan sampah kepada masyarakat secara massif, sehingga banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang belum mengetahui peraturan ini. pelaksanaan pengelolaan sampah di Kabupaten Kudus juga terkendala dengan keterbatasan anggaran dan peralatan pengolah sampah. Selain itu, kegiatan monitoring dan evaluasi juga hanya sebagai formalitas saja, karena tidak ada tindak lanjut dari kegaitan monitoring dan evaluasi tersebut setiap tahun.


Keywords


Kebijakan, Pengelolaan Sampah

Full Text:

PDF

References


Tim Publikasi Kata Data. Menuju Indonesia Peduli Sampah, https://katadata.co.id/timpublikasikatadata/infografik/5e9a4c4a336e0/menuju-indonesia-peduli-sampah.

Menteri Hukum dan HAM RI. 2008. Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Persampahan. Kementerian Hukum dan HAM. Jakarta.

Subdirektorat Statistik Lingkungan Hidup. 2018. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik: Jakarta.

Sekertariat Daerah Kabupaten Kudus. 2017. Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah. Pemerintah Daerah Kudus: Kudus.

Pemda Kudus, 2017 http://kuduskab.go.id/p/154/persampahan diakses tanggal 19 Agustus 2019

Caesar DL. PENGEMBANGAN KEBIJAKAN BEHAVIOR SANITATION CULTURE PADA MASYARAKAT DESA CRANGGANG KUDUS. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2019 Nov 30;5(2):71-82.

Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung. 2009

Moleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Caesar DL, Dewi ER. Pengaruh Media Buku Saku Terhadap Pengetahuan Tentang Sanitasi Lingkungan Pada Kader Kesehatan Desa Cranggang. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. 2018 Aug 28;6(1):137-46.

Mulasari SA, Husodo AH, Muhadjir N. Kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sampah domestik. Kesmas: National Public Health Journal. 2014 May 1;8(8):404-10.




Copyright (c) 2020 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.