DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MEMANFAATKAN MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KELAS XA SMK BINA GENERASI POLEWALI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darwis, M. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Emosional. Disertasi Program Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Tidak Diterbitkan
Depdiknas. (2006). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2007). Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Hudojo, H. (2000). Strategi Mengajarkan Matematika dan pentingnya teori “apa” di depan kelas. Malang: FPMIPA-UM Malang.
Ibrahim, M., dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Komtekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Munawarah. (2011). Desain Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas V SD (Studi pada SD Inpres 6/75 Kading). Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Nur, M., Wikandari, R. P, dan Sugiarto, B. (1999). Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Paeba, E. S. (2011). Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Bruner untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 3 Bulukumba. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Ratna, W. D. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusamedia.
Supriawan, D. dan Surasega, A. B. (1990). Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan). Jakarta: Kencana.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Uno, H. (2009). Desain Pembelajaran. Gorontalo: MOS Publishing
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v7i1.13
Article Metrics
Abstract views : 436 times | PDF - 876 timesAlamat Penyunting & Distribusi:
Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Gedung B1. Lt 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: pepatudzujurnal@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/apepatudzu/index
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.