Persepsi Masyarakat terhadap Program Kampung Pendidikan Berbasis Nilai Religius Kearifan Lokal dalam Mengatasi Kemerosotan Moral Remaja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang persepsi masyarakat terhadap program Kampung Pendidikan berbasis nilai religius kearifan lokal dalam mengatasi kemerosotan moral pada remaja dan apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap program kampung pendidikan di dusun Lemo Tua Desa Kuajang, Sulawesi Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif fenomenologi dalam mencari dan menyajikan hasil data yang ditemukan di lapangan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada 20 responden yang terdiri dari pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan orangtua siswa serta remaja Desa Kuajang menunjukkan bahwa terdapat 65% masyarakat sangat setuju dan 35% masyarakat setuju pada program Kampung Pendidikan berbasis nilai religius kearifan lokal dalam mengatasi kemerosotan moral remaja. Korelasi antara hasil presentase yang ditemukan di lapangan dengan klasifikasi presentase tingkat kepuasan masyarakat dapat dinyatakan bahwa persepsi masyarakat Lemo Tua, Desa Kuajang, Sulawesi Barat terhadap Program Kampung Pendidikan Berbasis Nilai Religius Kearifan Lokal dalam Mengatasi Kemerosotan Moral Remaja berada pada tingkat setuju. Adapun faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat yaitu tingkat Pendidikan, pengetahuan, pengalaman dan linkungan.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, Y., Pratama, A., & Nurlifa, A. (2010). Studi pustaka untuk steganografi dengan beberapa metode. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010), 2010(Snati), 32–35.
Agustriyana, N. A. (2017). Fully Human Being Pada Remaja Sebagai Pencapaian Perkembangan Identitas. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 2(1), 9. https://doi.org/10.26737/jbki.v2i1.244
Asrori, M. A. R. (2016). Peran Pendidikan Karakter Melalui Revolusi Mental untuk Membangun Generasi Bangsa. Jurnal Rontal Keilmuan PPKn, Volume 2/N, 58–62.
Hadi, A. (2016). Metode Penelitian A . Jenis dan Pendekatan Penelitian . Setting Penelitian. 45–54.
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, August, 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian
Kurniawan, R. (2016). Implementasi Pendidikan Alternatif Sekolah Dasar DI PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM) Bantul. 2(2), 35–43.
Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Buku Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf
Mulyana, D. (2008). Penelitian komunikas.
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, & Martinus Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Pernomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Jujur. Publikasi Ilmiah UMS, 34–47. https://doi.org/10.31227/osf.io/zdt3g
PH, S. (2014). Politik Pendidikan Indonesia Dalam Abad Ke-21. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 324–337. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2377
Pradewi, G. I., & Rukiyati, R. (2019). Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p028
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Pedoman Penulisan Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif, 4, 9–15.
Rahmawati, N. K. D., Mardiyah, R. R., & Wardani, S. Y. (2017). Layanan Bimbingan KElompok untuk Mencegah Degradasi Moral Remaja. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 134–144.
Rizal, Y. (2017). Perilaku Moral Remaja dalam Perspektif Budaya. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(1), 35. https://doi.org/10.17509/jomsign.v1i1.6050
Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362
Sista, T. R. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Remaja ( Studi Kasus di Pesantren Modern Muadalah dan Pesantren Salaf/Tradisional ). At-Ta’dib, 13(2), 154–167.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian. Metodologi Penelitian, 3, 103–111.
Sukadi. (2013). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 9, 22–34.
Supandi, D., Hakim, L., & Hartono, R. (2019). Pola asuh orang tua dalam perkembangan moral remaja (studi kasus Di Desa Pernek). Jurnal Psimawa, 2(1), 35–46. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/PSIMAWA
Suryana, S. (2017). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Edukasi, 2(1).
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29–33. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Undang-Undang No.17 tahun 2007. (2007). Undang-Undang RI No. 17 Tahun 2007 Tentang RPJPN. 30(22 Jan), 588–595.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Tarbiyah Malik Ibrahim, 4, 9–15.
Yonalisa, R. (2019). Representasi pesan pendidikan karakter dalam film sokola rimba. 3659.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v18i1.2780
Article Metrics
Abstract views : 219 times | PDF - 480 timesAlamat Penyunting & Distribusi:
Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Gedung B1. Lt 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: pepatudzujurnal@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/apepatudzu/index
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.