PENINGKATAN PEMBELAJARAN BERWAWANCARA MELALUI METODE LEARNING COMMUNITY SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALLANGGA GOWA
Abstract
The results showed in the first cycle there are two students (6:25%) who received grades in the categories of excellent, 6 students (18.75%) scored in both categories, 8 students (25%) scored with enough categories, 12 students (37.5% ) scored with less category, and there are four students (12.5%) gained value by category is very less. There were 15 students (46 875%) which scored in the excellent category, 13 students (40 625%) scored in both categories, 4 students (12.5%) scored with enough categories, and none of the students who are in the category of less and it is less .. it can be concluded that the results of students' ability to converse Class VIII SMP Negeri 3 Pallangga Gowa through community learning methods declared complete because it has met the standard classical completeness, which is above 85% and otherwise managed to show improvement Significant learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arafah. 2001. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Format Multiarah di Laboratorium Bahasa. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Arsyad. 2008. Penerapan Strategi Bertanya (Questioning) dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.
Brown, D. 2001. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (edisi terjemahan). Jakarta: Kedubes US.
Budinuryanta, dkk. 1999. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa (Modul 1-9) Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa IndonesiaEdisi III. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2004. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Depdiknas. 2006. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Balai Pustaka.
Djumingin, Sulastriningsih. 2010. Penilaian dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. BP UNM: Makassar.
Djumingin, Sulastriningsih. 2002. “Strategi Belajar Mengajar dan Pengajaran Bahasa Indonesia.” Diktat. Makassar: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar.
Faisal, Sanapiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya.
Hamsah, Akmal dan Wardihan. 2004. Pengajaran Bahasa IndonesiaBerbasis Kontekstual. Makassar: UNM.
Harnidah. 2006. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 3 Watampone Kabupaten Bone.” Skripsi. Makassar: FIP UNM.
Ibrahim, Muslimin, dkk., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.
Johnson, Elanie B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.
Komalasri, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama: Bandung.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Meidar & Mukti, 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda. Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi, dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Nurjamal, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Alfabeta: Bandung.
Rofiuddin, dkk. 1998. Interaksi Belajar Mengajar bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Syamsiah. 2007. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pinrang.” Skripsi. Makassar FBS UNM.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 1981. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Angkasa: Bandung.
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: PT Angkasa.
Wardoyo. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v11i1.48
Article Metrics
Abstract views : 159 times | PDF - 248 timesAlamat Penyunting & Distribusi:
Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Gedung B1. Lt 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: pepatudzujurnal@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/apepatudzu/index
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.