PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI ANTI PERUNDUNGAN ANAK DI LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS KOMIK

Cita St. Munthakhabah R, Sapriadi Sapriadi, Iwan Iwan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan pengembangan, kevalidan dan keefektifan media edukasi anti perundungan di lingkungan sekolah berbasis komik. Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development dengan menggunakan model 4D yaitu, (1) Define dengan melakukan observasi awal dan analisis kebutuhan, (2) Design yaitu mendesain Komik dan keseuaian isi konten, (3) Development yaitu dengan melakukan validasi expert judgement , uji coba one to one, dan uji coba kelompok kecil, (4) Disseminate dengan melakukan implementasi  Media Edukasi anti perundungan anak di lingkungan sekolah berbasis komik di SMPN 1 Wonomulyo, dan tahap terakhir yaitu analisis dan evaluasi melalui Pre Tes dan Post Tes.Penelitian ini menghasilkan media edukasi berbasis komik yang valid dan efektif. Kategori valid ditinjau dari hasil rekapitulasi validasi expert judgement, uji coba one to one dan uji coba kelompok kecil yang nilainya berada pada kriteria Valid. Kategori efektifitas ditinjau dari hasil rekapitulasi analisis evaluasi melalui Pre Test dan Post Test. Berdasarkan data tersebut media edukasi anti perundungan berbasis komik valid dan efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang dampak dari perilaku perundungan.

 

Kata Kunci: Media, Edukasi, Perundungan, Sekolah, Komik


Keywords


Media, Pendidikan, Perundungan, Sekolah, Komik

References


Akbar, Sa’dun (2017) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya

Ani Daniyanti et al., (2023) Konsep Dasar Media Pembelajaran,Vol 1 No 1

(2023): Januari: Journal Of Student Research. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Anisa F Karimah et al., (2024) Penggunaan Video Animasi Untuk

Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 9 No. 1. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.841

Anistasya Chairia (2023), Pengembangan Media Aplikasi Anti Perundungan

berbasis Android tentang Perilaku Konformitas Teman Sebaya Pada PesertaDidik Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung. Repositori UIN Raden Intan Lampung. https:repository.ac.id/id/eprint.29464

Cindi M Annur, “Ada 30 Kasus Bullying Sepanjang 2023, Mayoritas Terjadi di

SMP”., https://databooks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/20/ada-30 kasus- bullying-sepanjang-2023-mayoritas-terjadi-di-smp

Nurul H Makkatenni et al., (2021) Molly Polly: Permainan Berbasis Media

Pembelajaran untuk Mengedukasi Anti Periaku Perundungan. Jurnal Psikologi Insight. Vol. 5 No. 2. https://doi.org/10.17509/insight.v5i2.62765

Pramudya Gunawan & Sujarwo (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media

Pembelajaran Sejarah Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Kronik: Journal of History Education and Histotiography. Vol. 6 No.1: Juni

Rahmatullah, (2023) Melawan Perundungan Di Sekolah: Panduan Untuk

Siswa, Orang Tua, dan Pendidik. Jakarta. Publica Indonesia Utama

Sudaryono (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dab R&D. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v20i2.5834

Article Metrics

Abstract views : 1 times |


Alamat Penyunting & Distribusi:

Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Gedung B1. Lt 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: pepatudzujurnal@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/apepatudzu/index

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter