Pengaruh Alat Peraga Sister Sari Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 4 Polewali
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga sister sari ( Sistem Persamaan Linear Satu Variabel) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Polewali. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Polewali. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan terpililah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika peserta didik melalui pretes dan posttest serta aktivias peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen dengan penggunaan alat peraga adalah 82.97%, sedangkan hasil belajar matematika kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 58,83. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa data yang diambil telah layak untuk di uji hipotesis yaitu data berdistribusi normal dan homogeny. Dalam penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian, disimpulkn bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga sister sari terhadap hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 4 Polewali,
Full Text:
PDFReferences
Ahmad,Herlina. 2016. Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Operasi Aljabar Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas VII C SMP Negeri 1 Malunda. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.9,No.1,Hal.62-71.
Ahmad,Herlina. 2017. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga KODAMA Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.13,No.2,Hal.118-132.
Amar,N.,Najib,A.,& Febryanti,F. 2019. Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Journal Peqguruang: converence series. Vol.1,No.2,pp..168-173.
Amba, A. 2018. Pengaruh alat peraga garis bilangan terhadap hasil belajar matematika dengan menggunakan metode pembeljaran demonstrasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 PANA. skripsi UNASMAN: tidak dipublikasikan
Aunurrahman. (2014), Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta VC.
Ishak,S.,Irmayanti 2017. Perbandingan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Peserta Didik Laki Laki dan Perempuan Kelas VII A SMP Negeri 4 Mamuju. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.14,No.2,Hal.172-186.
Isahak,Suryadi. 2017. Penerapan Metode Eksplorasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol.13,No.1,Hal.75-87.
Nurhidayah,N. 2018. Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pohon Matematika Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi belajar Siswa. PEDAMATH journal on pedagogical .mathematics. Vol.1,No.1,Hal.17-25
Tone’,Kamaruddin. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Class Reminder Berbasis Android. Jurnal Instek: informasih sains dan teknologi: Vol.3,No.1,Hal.161-171.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i1.1011
Article Metrics
Abstract views : 206 times | PDF - 106 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.