Terakreditasi Nasional(SINTA 5) Berdasarkan SK. Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 10/C/C3/DT.05.00/2025, tanggal 21 Maret 2025.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga PATROLI pada Materi Transformasi Geometri Peserta Didik Kelas XI TKJ 1 SMKN 1 Tinambung
Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Peserta Didik pada materi transformasi geometri dengan menggunakan alat peraga PATROLI di kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Tinambung. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar Matematika pada siklus I sebesar 84%, siklus II diperoleh hasil belajar Matematika sebesar 93,94% dan pada lembar observasi aktivitas peserta didik diperoleh siklus I 77,44% dan siklus II diperoleh 91,45% sedangkan keterlaksanaan peneliti dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada siklus I diperoleh 83,33% dan siklus II diperoleh 100%. Dilanjutkannya penelitian ke siklus II disebabkan pada siklus I aktivitas peserta didik pada beberapa aspek belum mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75% dan pada siklus II aktivitas peserta didik semua aspek sudah mencapai standar klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga PATROLI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Tinambung
Keywords
alat peraga; hasil belajar matematika; transformasi geometri; PATROLI
Ahmad, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Komada dalam Mengerjakan Soal Matematika. Pepatudzu: Media pendidikan dan sosial kemasyarakatan, 13(2), 118-132.
Hendriana, dkk. (2018). Kemampuan Representasi Matematik Siswa Kelas IX Mts pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurna Permbelajaran Matematika Inovatif. Vol.1(3) 259-268 te
Nurul, 2012. Peningkatan hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas VI SDN 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam. Vol 1(1).80-85 Juni. Samarinda.
P Muhammad Ali, 2017. Model-Model Pembelajaran. Tidak diterbitkan. Polewali.
Rini. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Alat Peraga pada Peserta Didik Kelas VII A SMPN 3 Malunda. Skripsi. Polewali: Jurusan Matematika. FKIP.
Wihardit. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Yensi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1. PMIPA FKIP. Bengkulu.