EFEKTIVITAS METODE WORD CAFÉ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA SMP NEGERI 1 MEHALAAN

Vinni Harianti, Ahmad Al Yakin, Fatimah Fatimah

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode word cafe terhadap motivasi dan hasil belajar ppkn di SMP Negri  mehalaan siswa kelas VII dengan melihat hasil belajar aktivitas dan angket respon siswa. jenis penelitian ini adalah jenis eksprimen yang melibatkan kelompok siswa kelas VIIa sebagai kelas eksprimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol.pengumpulan data dilakukan melalui tes,lembar bservasi dan angket respon.data hasil penelitian di analisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial.hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif pada kelas eksprimen diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 40,00<KKM atau tidak mencapai ketuntasan klasikal 85%. sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 78,00>KKM atau mencapai ketuntasan klasikal 85%, sedangkan untuk hasil analisis deskriptif pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 45,50%<KKM atau tidak mencapai ketuntasan klasikal85% dan nilai rata-rata post test sebesar 59,00<KKM. berdasarkan analisis terhadap non tes diperoleh aktifitas siswa pada kelas eksprimen memenuhi kriteria keaktifan yang mencapai 76,25%, sedangkan untuk kontrol tidak memenuhi kriteria keaktifan yaitu mencapai 50,00%, sedangkan angket respon siswa eksprimen berada pada kategori tinggi yaitu mencapai nilai rata-rata 85,5 siswa yang merespon pembelajarab dengan menggunakan metode word cafe dan untuk kelas kontrol angket respon siswa berada pada kriteria rendah yaitu mencapai rata-rata 74,6.dapat disimpulkan bahwa pembelajaran word cafe lebih efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar ppkn siswa kelas VII SMP Negri  Mehalaan

Keywords


Efektivitas,word cafe Motivasi,Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Al Yakin: A (209, Juli).Manajemen kelas di era industry 4.0 In Journal peqguruang:Converence Series e-ISSN:XXXX-XXXX (Vol. No)

Depdiknas.207.Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan pusat kurikulum

Mudijono, Dimyati.200.Belajar dan pebelajaran.(cetakan keempat).Jakarta:Rineka Cipta

Silberman Mei.2009 Active Learning:metode pembelajaran aktif,terj. sarjuli.yogyakarta:pustaka madani

Suprijono,Agus.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta:pustaka belajar

Sudjana,Nana.Penilaian motivasi belajar proses belajar mengajar.Bandung:PT Remaja Rosakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.1063

Article Metrics

Abstract views : 150 times | PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter