Analisis kajian leksikal pada terjemahan Al-Qur'an Surh Al-Mudatsir

siti raodhatun nahdia, Andriani Andriani, Fatimah Fatimah

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah memahami konsep dari pemilik kata yang ingin diketahui maknanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan wujud kajian leksikal yang terdapat pada terjemahan Al-Qur’an Surah Al-Mudatsir. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah terjemahan Al-Qur’an Surah Al-Mudatsir. Data pada penelitian ini berupa terjemahan Al-Qur’an Surah Al-Mudatsir yang terdapat pada aplikasi terjemahan Al-Qur’an Bahasa Indonesia yang ada pada handphone android dan tafsir Qur’an. Sumber data pada penilitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang berupa teks terjemahan Al-Qur’an Surah Al-Mudatsir dan sumber data sekunder, data yang diperoleh lewat perantara, berupa artikel dan jurnal yang didapatkan dari internet. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, teknik simak dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (concluding drawing). Penelitian ini memaparkan gambaran mengenai hasil kajian leksikal dalam bentuk naratif. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa, ditemukan 48 makna langsung dan 8 makna kiasan pada terjemahan Al-Qur’an surah Al-Mudatsir.

Keywords


Makna leksikal, analisis dan terjemahan Al-Qur'an

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (1990). Pengantar semantik bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Al Qurthubi, S. I. (2009). Tafsir Al Qurthubi (Juz ‘Amma).

Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudaryat, Y. (2009). Makna dalam Wacana: Prinsip-prinsip Semantik. Dan Pragmatik. Bandung: Yrama Widya.

Waridah, E. (2008). EYD & seputar kebahasa-Indonesiaan. Kawan Pustaka.

Yendra, S. S. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Deepublish.

Fatimah, F. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA UNIVERSITAS AL ASYARIAH MANDAR. Prosiding, 3(1).

Nurhidayah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pohon Matematika Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi belajar Siswa. PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics, 1(1), 17-25.

Andriani, A. (2018). Penerapan Teknik Guided Note Taking dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Drama. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 13(2), 88-102.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1076

Article Metrics

Abstract views : 483 times | PDF - 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.