PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA NURUL ILMI PANGGALO KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Sakia Sakia, Muhammad Nadir, Muhammad Muzani Zulmaizar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah sarana dan prasarana yang kurang memadai pada proses belajar mengajar di Sekolah MA Nurul Ilmi Panggalo. Sekolah ini masih sangat kurang memadai, seperti  buku paket dan  gedung perpustakaan yang kurang baik. Tujuan penelitian  untuk meneliti pengaruh dari sebab akibat dengan cara mencari kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu. Jenis penelitian  yaitu penelitian kuantitatif deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan seberapa tingkat pengaruh sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Populasi berjumlah 61 orang. Proses pengambilan data dilakukan dengan lembar angket untuk dihitung besarnya pengaruh sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul di analisa yang bersifat kuantitatif dan deskriptif menggunakan SPSS, pembuktian hipotesis dilakukan menggunakan uji-T.Untuk diuji ada pengaruh sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa  dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hal ini ditunjuk pada nilai t tabel t hitung = 2.947  >  t tabel = 2,000 persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 37.089 + 320 X. Pengaruh yang sumbangkan oleh variabel bebas dapat dilihat dari koefisien determinasi R sebesar 12,8 dan koefisien korelasi r  sebesar  35,8. Dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan mempunyai pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa di MA Nurul Ilmi Panggalo.

 


Keywords


Pengaruh, Sarana & Prasarana, Motivasi, Siswa

Full Text:

PDF

References


Donald Mc, Wards Worth Publishing Company, Inc. San Fransisco-Overseas Publicatio, Ltd, (Kaigai Shuppan Boeki KK), Tokyo 1959

Guay et.at. 2010. Intrinsic.Identified, Dan Controlled Types Of ,Motivation For School Subjects In Young Elementary Schoolaged Children, Family And Consumer Sciences Research Journal

Gredler et.al. (2004). The Relationship Between Classroom Motivation And Academic Achievement In Elementary Shcoolaged Children. Family And Consumer Sciences Research Journal

Muliyanti, 2013. Pengaruh Fasilitas Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Smk Negeri 2 Majene Di Kabupaten Majene

Mulyasa, E, 2004. Manajemen berbasis sekolah : konsep, strategi,dan implementasi. Bandung : Rosdakarya

Rahmat, 2013 Persepsi Guru Mengenai Fasilitas Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Smp N 1 Tapalang Barat

Sugiyono.Dr. Prof. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Penerbit Alfabeta Bandung

Yusriati, 2012, Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran SMP Negeri 1 Mambi Kabupaten Mamasa

Zulmaizar, M. M. Z. M. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) POLEWALI MANDAR KECAMATAN WONOMULYO. J-Alif: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam, 4(1), 1-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.1094

Article Metrics

Abstract views : 831 times | PDF - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.