analisis nilai-nilai pendidikan pada film rudy habibie karya hanung bramantyo menggunakan teori struktural

nurhaspiah nurhaspiah, Abdul Muttalib, Muh. Muzani Zulmaizar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan pada film Rudy Habibie karya Hanung Bramantyo. Metode penelitian ini adalah deskriptif kwalitatif. Data dalam penelitian ini adalah film Rudy Habibie teknik pengumpulan data adalah teknik menyimak dan catat data yang dikumpulkan kemudian dideskripsikan berdasarkan nilai-nilai pendidikan. Langkah-langkah yaitu memilih objek penelitian, menyimak, mengidentifikasi, mengumpulkan data membandingkan kategorisasi dan inferensi. Penelitian ini fokus pada nilai-nilai pendidikan berdasarkan tema, amanat, alur, tokoh/penokohan, latar, sudut pandang. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memperoleh hasil yakni. Terdapat 19 kutipan yang terdiri dari 4 jenis nilai pendidikan diantaranya  nilai pendidikan religius yaitu: ada  1 kutipan, nilai pendidikan moral ada 1 kutipan nilai rasa ingin tahu, 1 kutipan nilai gemar membaca, 1 nilai kutipan tanggung jawab, 1 kutipan nilai jujur.(nilai pendidikan sosia yaitu: 3 kutipan, 2 kutipan nilai toleransi, 1 kutipan nilai peduli lingkungan, 2 kutipan  nilai menghargai prestasi, 1 kutipan nilai mandiri, 1 kutipan nilai kerja keras,) (nilai pendidikan budaya yaitu 2 kutipan nilai kreatif, 1 kutipan nilai semangat kebangsaan, 1 kutipan nilai demokratis,). Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam film Rudy Habibie karya Hanung Bramantyo patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dijadikan bahan ajar sastra bagi pendidik.

 

Kata Kunci: Sastra, Film Rudy Habibie Nilai-Nilai Pendidikan.


Keywords


Sastra, Film Rudy Habibie Nilai-Nilai Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Arifiyanto Fajar. 2015. Perkembangan Media Film Pendek Berbasis Kontekstual untuk Kompotensi Menulis Naskahdrama Bagi Siswa Kelas XI SMA. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Andriani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Model Inside Outside Circle Siswa Kelas XI Ipa2 SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 19-32.

Bafadal, Ibrahim. (2011). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Muthmainnah, Muthmainnah, Naim Irmayani, and Nurmiati Nurmiati. "Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Teks Drama melalui Metode Struktural Kelas VIII B SMP Negeri 2 Tinambung." Journal Peqguruang: Conference Series. Vol. 1. No. 2. 2019.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penelitian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moleong, I.J. 2010 Metodologi Penelitian Kuantitaf. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumardjo, Jacob dan Saini K.M. 1997. Apresiasi.kesusastraan. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1133

Article Metrics

Abstract views : 447 times | PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.