EFEKTIVITAS MEDIA KARTU MIMPI BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMKN CAMPALAGIAN
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuaan untuk mendapat gambaran empiris tentang berpengaruh tidaknya Media Kertu Mimpi Bergambar terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas SMKN Campalagian.penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan desain pada penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Random Sampling. Pada peneltian ini menggunkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan menulis puisi yang dilaksanakan kelas X Tata Busana 1 dan X Tata Busana 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 60 peserta didik pertimbangan yang digunakan yaitu hasil belajar peserta didik, respon peserta didik dan aktivitas peserta didik. Berdasarkan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi,tes dab berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas dengan nilai rata-rata 86,5. Respon peserta didik terhadap Media Kertu Mimpi Bergambar dinyatakan mampu dengan nilai 87. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pada penelitian ini Media Kertu Mimpi Bergambar sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas x SMKN Campalagian.
Kata kunci : Efektivitas, Media Kertu Mimpi Bergambar, Menulis puisiKeywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Cakrawala Media.
Andriani, Chuduriah Sahabuddin, and Sulihin Azis. 2017. Pengaruh Penerapan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Menulis Puisi Peserta didik.Prosing
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, Arief S dkk. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sutejo. 2008. Buku Ajar Teknik Kreativitas Pembelajaran. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan dan Bahasa dan Seni STKIP PGRI Ponorogo.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovasi dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1147
Article Metrics
Abstract views : 149 times | PDF - 93 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.