DIGITAL E-LEARNING PADA TPA MADINATUL ILMI MASJID KERAJAAN BALANIPA MANDAR

Nurdiah Ekawati, Muhammad Sarjan, Andi Ircham Hidayat

Abstract


Metode baca Al-Qur’an secara tradisional, misalnya hafalan dan hafalan saat ini sudah tidak pas lagi, karena sangat membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketika ada yang hafal bacaan selanjutnya mengenai tulisanpun belum bias menguasai secara benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi elearning yang diharapkan dapat menjadi media bagi santri TPA Madinatul Ilmi Masjid Kerajaan Balanipa Mandar. Aplikasi ini juga dapat digunakan membantu orangtua di rumah belajar bersama anaknya, jadi anak tidak hanya belajar di TPA Madinatul Ilmi Masjid Kerajaan Balanipa  melainkan masih dapat belajar hijaiyah dan iqra di rumah. Penelitian dilakukan  pada TPA Madinatul Ilmi Masjid Kerajaan Balanipa Mandar. Metode penelitian yaitu dengan studi keperpustakaan, studi lapangan seperti mengadakan wawancara dan pengamatan langsung ketempat penelitian. hasil penelitian berupa Aplikasi Digital elearning baca Alqur’an.hasil pengujian yang dilakukan pada anak santri di TPA Madinatul Ilmi aplikasi Digital elearning ini sangat di sukai oleh anak santri dan membuat anak santri lebih semangat dan giat belajar.


Keywords


Digital, Elearning, Adobe Flash CS6

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Teguh. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren Dengan Lwuit. Yogyakarta: Andi Publiser. 2011.

D. Rodgers, 2017. Schoology Exchange.[Online](Updated 22 September 2017).

Available at: https://www.schoology.com/blog/digital-learning-data-trends-and-strategies-you-need

know. [Diakses 1 March 2018]

Fathansyah. 2007. Buku Teks Komputer Basis Data. Bandung: Informatika.

Goyal, E. “ Effectiveness of moodle Enable Blended Learning in Private Inian Business Schol teaching Niche Program. The Online Journal Of new Horizons in Education. 2014

HM, Jogiyanto. Analisa & Disain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset. 2005.

L. Houx, 2017. Digital Learning: Data, Trends, and Strategies You Need To Know. [Online](Updated 11 May 2017). Available how-to-keep-your-students-switched-on. [Diakses 1 March 2018]

Hendra, Kgs. Perancangan Aplikasi Iqra Berbasis Android. Yogyakarta: Universitas STMIK GI MDP. 2011

Hamad, Ibnu. Batas Ilmu Pengetahuan (Yang Dimiliki Manusia). Depok: Universitas Indonesia. 2009.

ahap, Nazaruddin Safaat. Pemrograman Aplikasi M obile Smartphone dan Tablet PC. Bandung: Penerbit Informatika. 2010.

Komatineni, Satya & Dave MacLean. Pro Android 4. Apress. 2010

Michael, Ivan Siregar. Membongkar Source Code Berbagai Aplikasi Android. Yogyakarta : Gaya Media. 2012.

O. S. López, “The Digital Learning Classroom: Improving English Language Learners’ academic success in mathematics and reading using interactive whiteboard technology,” Computers & Education, vol. 54, pp. 901-915, 2010

Rubiningtyas, 2017. Pengertian Aplikasi Digital Learning. [Online](Updated 10 April 2017). Available at: https://rubiningtyas.wordpress.com/2017/04/10/pengertian-aplikasi-digital-learning/.[Diakses 1 March 2018].

Rosa & M. Shalahuddin. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung : Penerbit Modula. 2011.

Rudianto. Pembuatan Aplikasi Iqro dan Juz Amma Berbasis Android. Yogyakarta : STMIK Amikom. 2013.

Sari, Anita (2011). Perancangan Aplikasi SMS Emotisound Pada Perangkat Android. Yogyakarta : STMIK Amikom

S, Stephanus Hermawan (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android. Salatiga :Andi Offset.

Supriadi, Andi. Metode Super Cepat Belajar Fashih Membaca Al-Qur’an. Makassar : Penerbit Yayasan FOSLAMIC. 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i1.1186

Article Metrics

Abstract views : 169 times | PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.