PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EDUTAINMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 3 POLEWALI

Rosita Rosita, Kamaruddin Tone, Kurnia Kurnia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berbicara kelas X IP S 3 SMA Negeri 3 Polewali, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Polewali  yang terdiri dari 33 peserta didik dengan perincian 22 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, rekaman, pedoman observasi, dan jurnal. Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah dilakukan oleh peneliti, 71.27 maka diperoleh nilai siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berbicara Negosiasi melalui Media Edutainment 71.27. Setelah melakukan proses pembelajaran di siklus II dan memperbaiki kesalahan yang terjadi di siklus I nilai rata-rata peserta didik 90,36.   Nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan Media Edutainment dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas X SMPA Negeri 3 Polewali.


Keywords


Peningkatan Berbicara dengan Menggunakan Media Edutainment

Full Text:

PDF

References


Firman H, Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi, (2005).

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: cet ke IX April 2015.

Sutrisno. Pengaruh Metode Edutaiment Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik-Teknik Dasar Memasak. Skripsi Yogyakarta. Fakultas Tehnik 2013.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Jl Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung. Cet 18 oktober 2013.

Tarigan. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa: Bandung, angkasa, 2015.

Wardani, Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Cet ke VIII Mei 2018.

Tahir, Arifin, Firman Hamzi, and Nur Hafsah Yunus. Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash terhadap Kemampuan Becerita Siswa." Celebes Education Review 2.1 (2020): 57-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1219

Article Metrics

Abstract views : 127 times | PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.