RESPONSIVITAS PELAYANAN PEMADAM KEBAKARAN PADA DINAS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN MAMASA
Abstract
Di Indonesia saat ini, pelayanan publik masih kerap dijumpai beragam permasalahan yang terus menerus terjadi sejak zaman dulu, misalnya tidak ada kejelasan prosedur pelayanan di suatu instansi pemerintah, standar pelayanan minimal yang belum diterapkan, proses pelayanan yang berbelit-belit, dan masih banyak dari pegawai yang cenderung tidak menitik beratkan tupoksinya sebagai pemberi layanan publik sehingga masyarakat penerima layanan yang ingin mendapatkan informasi diabaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan responsivitas pelayanan pemadam kebakaran pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mamasa Jenis penelitian ini ialah deskriftif kualitatif. Teknik analisis data dengan metode kualitatif adalah dengan mengambarkan data dengan menarasikan sehingah mudah di baca dan di fahami. Teknik pengumpulan data dilakukan melelui hasil wawancara, hasil observasi terhadap objek penelitian. Landasan teori yang digunakan adalah teori zeithaml DKK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hardyansah. 2011. ‘’Kualitas Pelayanan Publik’’. Yogyakarta: Gava Media Ibrahim, Amin. 2008. ’’Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya’’. Bandung: Bandar Maju
Moleong, Lexy J. 2007. ’’Metodologi Penelitian Kualitatif’’. Bandung: Rosda
Pasolong, Harbani. 2007. ‘’Teori Administrasi Publik’’. Bandung: Afabeta
Pasolong, Harbani. 2012. ‘’Metode Penelitian Administrasi Publik’’. Bandung: Alfabeta
Ramli, Soehatman. 2010. ‘’Petunjuk Praktis Manajemen Kebakaran’’. Jakarta: Dian Rakyat
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. ‘’Manajemen Pelayanan’’. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rohman, Ahmad Ainur. 2010. ‘’Reformasi Pelayanan Publik’’. Malang: Averroes Press
Sedarmayanti. 2007. ‘’Good Governance (Kepemerintahan yang baik dan Good Corporate Governance (Tata kelola Perusahaan yang baik) bagian ketiga’’. Bandung: Mandar Maju
Sentosa, Pandji. 2008. ‘’Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance’’. Bandung: Refika Adiatma Sinambela, Lijan P dkk. 2006. ‘’Reformasi Birokrasi’’. Jakarta: Bumi Aksara
Sugandi, Yogi Suprayogi. 2011. ‘’Administrasi Publik Konsep dan Perkembangan Ilmu di Indonesia’’. Bandung: Graha Ilmu
Sugiyono. 2010. ‘’Metode Penelitian Administrasi’’. Bandung: Alfabeta
Badan Pusat Statistik. 2018. ‘’Gowa Dalam Angka 2018’’. Mamasa: Badan Pusat Statistik.
UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN
Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik
Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana
Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 04/MEN/1980
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20 tahun 2009 tentang Pedoman teknis Manajemen Proteksi Kebakaran di Perkotaan.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1244
Article Metrics
Abstract views : 317 times | PDF - 178 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.