RESPONSIVITAS PELAYANAN PEMADAM KEBAKARAN PADA DINAS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN MAMASA

Adrianus K, Muhammad Massyat, Aco Dahrul Saharuddin

Abstract


Di Indonesia saat ini, pelayanan publik masih kerap dijumpai beragam permasalahan yang terus menerus terjadi sejak zaman dulu, misalnya tidak ada kejelasan prosedur pelayanan di suatu instansi pemerintah, standar pelayanan minimal yang belum diterapkan, proses pelayanan yang berbelit-belit, dan masih banyak dari pegawai yang cenderung tidak menitik beratkan tupoksinya sebagai pemberi layanan publik sehingga masyarakat penerima layanan yang ingin mendapatkan informasi diabaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan responsivitas pelayanan pemadam kebakaran pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mamasa Jenis penelitian ini ialah deskriftif kualitatif. Teknik analisis data dengan metode kualitatif adalah dengan mengambarkan data dengan menarasikan sehingah mudah di baca dan di fahami. Teknik pengumpulan data dilakukan melelui hasil wawancara, hasil observasi terhadap objek penelitian. Landasan teori yang digunakan adalah  teori zeithaml DKK.


Keywords


Resvonsivitas; Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Hardyansah. 2011. ‘’Kualitas Pelayanan Publik’’. Yogyakarta: Gava Media Ibrahim, Amin. 2008. ’’Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya’’. Bandung: Bandar Maju

Moleong, Lexy J. 2007. ’’Metodologi Penelitian Kualitatif’’. Bandung: Rosda

Pasolong, Harbani. 2007. ‘’Teori Administrasi Publik’’. Bandung: Afabeta

Pasolong, Harbani. 2012. ‘’Metode Penelitian Administrasi Publik’’. Bandung: Alfabeta

Ramli, Soehatman. 2010. ‘’Petunjuk Praktis Manajemen Kebakaran’’. Jakarta: Dian Rakyat

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. ‘’Manajemen Pelayanan’’. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rohman, Ahmad Ainur. 2010. ‘’Reformasi Pelayanan Publik’’. Malang: Averroes Press

Sedarmayanti. 2007. ‘’Good Governance (Kepemerintahan yang baik dan Good Corporate Governance (Tata kelola Perusahaan yang baik) bagian ketiga’’. Bandung: Mandar Maju

Sentosa, Pandji. 2008. ‘’Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance’’. Bandung: Refika Adiatma Sinambela, Lijan P dkk. 2006. ‘’Reformasi Birokrasi’’. Jakarta: Bumi Aksara

Sugandi, Yogi Suprayogi. 2011. ‘’Administrasi Publik Konsep dan Perkembangan Ilmu di Indonesia’’. Bandung: Graha Ilmu

Sugiyono. 2010. ‘’Metode Penelitian Administrasi’’. Bandung: Alfabeta

Badan Pusat Statistik. 2018. ‘’Gowa Dalam Angka 2018’’. Mamasa: Badan Pusat Statistik.

UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 04/MEN/1980

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20 tahun 2009 tentang Pedoman teknis Manajemen Proteksi Kebakaran di Perkotaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1244

Article Metrics

Abstract views : 317 times | PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter