KEEFEKTIFAN METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KETERAMPILAN MENULIS CERITA FABEL PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 WONOMULYO
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Metode Latihan Terbimbing Dengan Media Gambar Seri Pada Keterampilan Menulis Cerita Fabel . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B untuk kelas eksperimen berjumlah 32 orang dan kelas VII C untuk kelas control berjumlah 32 orang SMP Negeri 1 Wonomulyo. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes keterampilan menulis cerita fabel . data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial. Dari Hasil analisis statisti, diperoleh nilai rata rata pretes pada kelas eksperimen yaitu 48,91, dan kelas control yaitu 50.63, sedangkan nilai rata rata posttest pada kelas eksperimen 73,97 dan kelas control yaitu 51,56. Dilihat dari aktifitas siswa diperoleh rata rata persentase sebesar 85% dan respon siswa setelah pembelajaran sebesar 90% Sehingga disimpulkan bahwa metode pembelajaran Latihan terbimbing dengan media gambar seri berpengaruh atau efektif terhadap hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suparno, Yunus Mohamad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Suharso dan Retnoningsih. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang. Widya Karya.
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparno dan Muhammad Yunus. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.1295
Article Metrics
Abstract views : 97 times | PDF - 91 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.