EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 MATAKALI
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang efektivitas metode pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran berbicara teks pantun siswa kels VII SMP Negeri 1 Matakali. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 SMP Matakli tahun ajaran 2019/2020 dan sampel penelitian adalah dengan cara random sampling yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas dijadikan kelas kontrol, yaitu siswa kelas VII C yang diajar tidak menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here dan satu kelas lagi sebagai kelas eksperimen, yaitu peserta didik kelas VII B yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here. Adapun data hasil penelitian dianalisisdengan menggunakan program SPSS versi 21, hasil analisis deskriptif memberikan informasi bahwa kemampuan peserta didik kelompok kontrol pada tes awal menghasilkan skor rata-rata sebesar 59,93 dalam kategori kurang, dan pada tes akhir sebesar 59,90. Masih dalam kategori kurang, standar deviasi pada tes akhir sebesar 5,6407. Sedangkan peserta didik kelompok eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada tes awal mempunyai skor rata-rata sebesar 60.50 berada pada kategori kurang, dan pada tes akhir menghasilkan skor rata-rata sebesar 75.667 yang berada pada kategori mampu dengan standar deviasi pada tes akhir 8,7231. Karena nilai thitung =4.095> ttabel =2.00 maka thitung tersebut jatuh pada daerah penolakan Ho. Artinya hipotesis H1 diterima. Maka diperoleh kesimpulan bahwa efektivitas metode pembelajaran everyone is a teacher here berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada teks pantun peserta didik kelas VII B, SMP Negeri 1 Matakali.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Everyone is a teacher here dalam Keterampilan Berbicara
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Muhammad P. 2017. Analisis Data penelitian Menggunakan SPSS. Polewali Gemetika Universitas Al Asyariah Mandar.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulm 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian. Yogyakarta: PT. Rineka cipta.
Depag. 2001. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif. Dan r & d. Bandung Alfabeta.
Sherli, Yuliana. 2003: Efektivitas Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Dengan Metode Ceramah dan Menugasan dalam Proses Belajar Mengajar; FT UNM: Makassar.
Yunus, N. H. (2016). Peningkatan Pembelajaran Berwawancara melalui Metode Learning Community Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga Gowa. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 62-73.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.1296
Article Metrics
Abstract views : 140 times | PDF - 105 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.