IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN LANTORA KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahuai: 1). Agar bisa mengetahui Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di Kelurahan Lantora Kabupaten Polewali Mandar2). Agar dapat mendeteksi Faktor Pendukung dan Penghambat Kualitas Pelayanan Birokrasi di Kelurahan Lantora Kabupaten Polewali Mandar dan dalam penelitian ini mengunaka metode kualitatif.Otonom memiliki kebebasan luas dalam mengatur serta mengurus berbagai kepentingan masyarakat demi mendapat layanan public byang berkualitas serta terus meningkat dari tahun ke tahun, tuntutan yang terus bertambah seiring denga menigkatnya pemahaman masyarakat bahwa memereka mempunyai hak melayani serta berkewajiban dalam menyediakan keperluan tersebut.Dari hasil penelitian terhadap implementasi kebijakan pelayan public di kelurahan lantora peneliti mengambil kesimpulan bahwa factor yang mendukung implementasi kebijakan pelayanan publik yang ada di kantor kelurahan lantora saling mendukung satu sama lain, meski ada factor yang belum terlaksana dengan baik namun kinerja para pegawai tersebut berjalan dengan baik dan memenuhi tujuan dari organisasinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, James. 2010. Public Policy Making. Holt, Rinehart and Winston: Michigan University
Agustino Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Bernadine R. Wirjana, M.S.W dan Prof. Dr. Susilo Supardo, 2005, Kepemimpinan, Dasar-Dasar dan Pengembangannya.Yogyakarta: CV. Andi offset
Batinggi, Ahmad. 1998. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka Bentley.
Hardiansyah, 2011 Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Indiahono, Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara
Moeleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhammad Syaeba , Jurnal Mitzal (2017)
Pasolong Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta cv.
Sinambela, Lijan Poltak. 2007. Reformasi Pelayanan Publik Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tangkilisan, Hesel Nogi S. 2003.Kebijakan Publik yang Membumi. Yogyakarta: YPAPI dan Lukman Offset
Wahab, Solichin A. 1991. Analisis Kebijaksanaan: Dariformulasi keImplementasiKebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja Edisi Keempat. Jakarta: Rajawali Pers, hlmn. 2. 4 Syafiee, Inu Kencana. 2003. Sistem Adminitrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Bupati Polewali Mandar Nomor 5 Tahun 2017 tentang Tugas dan Fungsi Susunan Organisasi Kelurahan Di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Polewali Mandar
Rancangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2001 Tentang Daerah Otonom.
Kelurahan Rancangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2005 mengenai Kelurahan
Sumber internet
http://theorymanajemendanorganisasi.blogspot.com/2015/12/pelayanan-publik.html

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.