SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN NASABAH PADA PT AMARTHA MIKRO FINTEK BERBASIS WEB INFORMASI LAYANAN PENGADUAN

Mikrawati Mikrawati, Muhammad Sarjan, Syarli Syarli

Abstract


Selama ini nasabah harus datang ke kantor Amartha Mikro Fintek Unit Tapalang untuk melaporkan masalah yang di hadapi. Untuk masalah pengaduan melalui telepon sering terjadi kesalahan dan kelalaian dalam penanganan. informasi keluhan pelayanan belum dapat di efisienkan secara maksimal, sehingga dapat memperlambat kinerja petugas dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang Sistem Informasi Layanan Pengaduan Nasabah PT. Amartha Mikro Fintek Berbasis Web agar dapat mempermudah nasabah dalam melakukan pengaduan pada PT. Amartha Mikro Fintek, serta dapat mengefisienkan waktu. Tempat penelitian yang dilakukan yaitu di kantor PT. Amartha Mikro Fintek Cabang Tapalang. Adapun waktu penelitian ini dimulai dari investigasi sampai penyelesaian laporan akhir atau skripsi yakni dari bulan Mei sampai dengan Juni 2020. Metode penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk menganalisis sistem yang sedang berjalan serta sistem yang akan dirancang, dan menggunakan teknologi berbasis web dengan Hypertext PreProcessor sebagai bahasa pemrograman utama. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi Sistem Informasi Layanan Pengaduan Nasabah PT. Amartha Mikro Fintek Berbasis Web untuk membantu nasabah dalam melakukan pengaduan.


Keywords


Sistem Informasi Layanan Pengaduan; Website

Full Text:

PDF

References


Ari Januar Rahmansyah. (2016). Perancangan Sistem Keluhan Pelanggan Berbasis Web E-RCM dengan Model Waterfall pada PT. Unggul Cipta Teknologi.

Deasy Permatasari, Nova Noverisiti. (2018). Merancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Dan Tagihan Rekening Pelanggan Di PDAM Tirtawening Kota Bandung Menggunakan Sms Gateway.

Dimas Ramdhana Prasetya, Tjahjanulin Domai, Lely Indah Mindarti, 2018, Melakukan penelitian tentang "Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Rangka Pelayanan Publik”

Hanum Efa, Denny Sagita, Faiz Amalia. (2014). Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Layanan dan Maintenance Berbasis Android pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Herlina, H. (2020, May). Perancangan Sistem Informasi Inventori Stok Obat Studi Kasus: Apotek Mitra Manakarra. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 10-14).

Muhammad Taufiq Muslih, B. E. P. (2009). Pengembangan Aplikasi Sms Gateway Untuk Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru Di Sman 1 Jepara Muhammad Taufiq Muslih 1) , Bambang Eka Purnama 2).

Nur Ivo Jayanti, Muhamad Arifin. (2018). Sistem Informasi Layanan Pelanggan Berbasis Web Di PDAM.

Rahmat Hidayat& Lona Lestianingsih, (2018). Melakukan penelitian tentang Perancangan Sistem Keluhan Pelanggan Berbasis Web E-RCM dengan Model Waterfall pada PT. Unggul Cipta Teknologi.

Siti Widharetno Mursalim. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat Di Kota Bandung.

Syarli, S., & Qashlim, A. (2017). Sistem Informasi Geografis Kawasan Bencana Alam Kabupaten Polewali Mandar Dengan Google Maps. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 3(2), 21-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i1.1403

Article Metrics

Abstract views : 496 times | PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter