PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 POLEWALI

Asvin Asvin, Chuduriah Sahabuddin, Muhammad Ali P

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dengan maksud dapat mengukur sejauh mana penyelesaian masalah  matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Polewali yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran SSCS. Simple Random Sampling adalah cara yang ditempuh untuk pemilihan sampel.tes pemahaman masalah dan lembar observasi merupakan instrument yang digunakan dalam penelitian ini. Statistic deskriptif dan inferensil merupakan cara analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Sesuai hasil penelitian data lebih tinggi didapat pada kelas eksperimen dengan skor sebesar 82,38 dan standar deviasi sebesar 9,785. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan skor 61,44 dan standar deviasi sebesar 13,77. Kemudian untuk data inferensial didapatkan bahwa kedua data bernilai normal dan sama berdasar pada data yang telah diperoleh Ho  ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran  SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Polewali

Keywords


Pengaruh; SSCS; Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Dantes,Nyoman. 2012.Metode Penelitian. Yogyakarta:C.V Andi Offset

Febryanti,F. 2019. Efektifitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika. In journal peqguruang:conference series. Vol.1,No 2,pp.168-173)

Prasetiawan, Agung. 2016.peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan teori belajar polya materi sistem persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Wono: Skripsi Unasman, Tidak di publikasikan

Rahmawati, N. T., Junaedi, I., & Kurniasih, A. W. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran SSCS Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3).

Sahabuddin, C. (2016). Hubungan komunikasi belajar mengajar terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah menengah kejuruan Negeri 1 Kabupaten Majene. Pepetudzu: media pendidikan dan sosial kemasyarakatan, 10(1), 17-30.

Sari, Desi Ratna. 2018. Pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep Matematis. Riau: UINSSKR

Suherman, E. (2008). Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Educare, 5(2)

Upu,H., & Djadir, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model koperatif tipe student teams achievement Division (STAD) dengan pendekatan saintifik.pepatudzu :media pendidikan dan sosial kemasyarakatan, 9(1), 16-28




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1453

Article Metrics

Abstract views : 235 times | PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.