HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KONDOSAPATA MAMASA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survey korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan komunikasi antar pribadi perawat dengan kepuasan pasien rawat inap RSUD Kondosapata Mamasa.Teori dasar dan digunakan adalah model komunikasi dua arah timnbal balik (two way symmetrical). Teknik Sampling dan digunakan yaitu stratifikasi sumpling. Setiap strata kelas diamnbil 5 % sehingga jumlah sampel 52 orang. Penentuan sampel digunakan accidental sumpling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioneer atau angket, observasi atau pengamatan dan studi kepustakaan. Teknik Analisis data menggunakan tabulasi silang dan koefisien Korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan variabel X dengan variabel Y. Hasil Penelitian Menunjukkan sebagian besar (23.07%) Komunikasi Antar Pribadi Perawat baik, (73.07%) cukup baik dan (3.84%) tidak baik. Sementara Kepuasan Pasien Rawat Inap (28.84%) tinggi, (69.23%) sedang, dan (1.92) rendah. Hasil uji statistik yaitu rxy =0,689 > rtabel = 0,279 karena itu Ho ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat hubungan antara Komunikasi Antar Pribadi dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Kondosapata Mamasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djanaid, Djanalis. 2011. “Public Relations: Teori Dan Praktek”.
Fajar, Marhaeni. 2009. “Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek”. Graha Ilmu Dan Universitas Mercubuana. Yogyakarta.
Hardjana, Agus M. 2013. “Komunikasi Intrapersonal Dan Interpersonal”. Yogyakarta :Kanisius.
Irawan, D Handi. 2014. “10 Prinsip Kepuasan Pelanggan”. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
Jefkins, Frank Dan Yadin. 2010. “Public Relations edisi ke lima”. Jakarta : Erlangga.
Liliweri, Alo. 2009. “Komunikasi Antarpribadi” PT. Citra Aditya Bakti.Bandung.
Masyhadiah.2017.” Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Mamuju”. Tesis S2.Makassar UNHAS
Moore, Frazier. 2009. “Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi”. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Nursalam, 2008. “Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Edisi 2, Konsep Dan Praktik” Salemba Medika. Jakarta.
Rumanti, Maria Assumpta. 2012. “Dasar-dasar Public Relations Teori Dan Praktik”. PT. Grasindo. Jakarta
Rosady, Ruslan. 2009, “Manajemen Humas Dan Manajemen Komunikasi, Konsepsi Dan Aplikasi”.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sabarguna, Boy S. 2007. “Knowledge Management Untuk Rumah Sakit” Sagung Seto. Jakarta.
Supranto. 2013. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan”. Rineka Cipta.Jakarta.
Soleh, Ardianto Soemirat. 2013. “Dasar-dasar Public Relations. Bandung” : PT Remaja Rosdakarya.
Suparmi, Yulia. 2011. “Panduan Praktik Keperawatan Kebutuhan Dasar Manusia”. PT. Citra Aji Parama. Yogyakarta.
Setiawan, Wahyu. 2019. “ Devinisi Teknik Accidental Sampling Dan Penerapanya. Panduan Akuntansi
Tamsuri, Anas. 2011. “Komunikasi dalam Keperawatan”. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1465
Article Metrics
Abstract views : 225 times | PDF - 94 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.