METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN KONDOSAPATA
Alvi Krismayanti, Fatimah Fatimah, Kamaruddin Tone
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP kristen kondosapata tahun pelajaran 2019/2020 dengan tujuan mengetahui pengatuh petode problem solving terhadap hasil belajar matematika penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes dan pengamatan aktivitas peserta didik. Penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deeskriptif kelas eksperimen nilai rata rata pretest yaitu 49,17 diberi perlakuan metode problem solving rata rata postest peserta didik menjadi 81,66. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata rata pretest peserta didik 49,65 seletah posttest nilai rata rata menjadi 60,59%. Dilihat dari aktivitas peserta didik nilai rata rata kelas kelas kontrol 78,59 sedangkan kelas eksperimen rata rata 85,75%. Dari analaisis inferensial uji indepemdent sample T test untuk data hasil posttest kedua kelompok data diperoleh sig. (2 tailed) 0,00<0,05 dan nilai T hitung 4.594 sehimgga Thiting 4.594>Ttable 1.660. Maka ini menunjukkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterimah. Jadi dapat didimpulkan bahwa metode problem solving ada pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas VIII smp kristen kondosapata
Keywords
Problem solving, hasil belajar, matematika
References
Febryanti, F. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran contextual teaching and learning. Pepastudzu: media pendidikan dan kemasyarakatan, 12(1),14-22
Ika. Nurmaya. (2017). Pengaruh penggunaan mind map dan problem solving dalam meningkatkan pemahaman matematika tahun pelajaran 2016/2017
Fatimah, F (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah matematis mahasiswa Universitas Al Asyriah Manda, prosiding, 3(1).
Anita.( 2017). Pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah model polya dengan strategi berdendang dan mitivasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII smp islam durenan.
Eveline, dra siregar dan Kartini Nara. Teori belajar dan pembelajaran (bogor:penerbit Ghalia Indonesia, 2015
Rofikho, siti. (2017) pengaruh pembelajaran matematika dengan problem solving terhadap hasil belajar
DOI:
http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.1503
Article Metrics
Abstract views : 148 times |
PDF - 104 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.