PENGARUH KINERJA APARAT PEMERINTAH DESA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA SEGERANG KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
Pemerintah desa adalah manifestasi dari pemerintah daerah yang berbasis pada otonomi daerah. Salah satu tujuan utama penyelenggaraan otonomi daerah adalah untuk meningkatkan pelayanan public. Pelayanan public disini yaitu pelayanan yang diberikan oleh aparat pemerintah terkait dengan timbulnya kepuasan masyarakat. Tetapi ada beberapa kendala yang terjadi di kantor desa segerang pada saat melakukan pengurusan administrasi kependudukan, seperti kurang disiplinnya aparat pemerintah datang ke kantor desa, system pemerintahannya yang kekeluargaan dimana aparat yang menjabat sebagai aparat pemerintah desa saat ini tidak melihat sub skill dari aparat pemerintah desa itu sendiri, tetapi melihat system keakraban dan lain-lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja aparat pemerintah desa terhadapa kepuasan masyarakat atas pelayanan administrasi kependudukan di desa segerang. Metode pengambilan data dari penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 70 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kinerja aparat pemerintah desa berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat atas pelayanan administrasi kependudukan di desa segerang.hasil data penelitian berdasarkan angket penelitian. Hal ini dibuktikan 0,92 dan tingkat kontribusi antara kinerja aparat pemerintah desa terhadap kepuasan masyarakat sebesar 84,64%. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung 19,342 < t tabel 2,649.
Kata Kunci : Kinerja Aparat. Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Administrasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Maslachah, Dewi Yulia. 2019. Respon masyarakat desa terhadapa pelayanan administrasi pemerintah desa. Vol, 13. No, 2. 2019.
Pertiwi, Umi. 2018. Factor yang mempengaruhi kinerja aparatue pemerintah desa dalam akuntabilitas dana desa. Vol 6, No. 3 desember 2018. https://ejournal.upi.edu/index.php/jrak
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D.
Suryani, Irma. 2016. Pelayanan administrasi kependudukan pada kantor kecamatan Pattallangssang Kabupaten Gowa. Vol. 2, No. 2.
Suwarno, Joni. 2012. Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan KTP Dan Kk Di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu).https://www.neliti.com/publications/101418/kualitas-pelayanan-pemerintahan-desa-studi-pelayanan-ktp-dan-kk-di-desa-teluk-ke
Tikollah, Ridwan. M. 2018. Analisis pengelolaan alokasi dana desa (ADD) di kecamatan mare kabupaten Bone. Vol.1, No. 1, Januari 2018. https://ojs.umn.ac.id/Jekped
Noviyanto, Fiftin. 2014. implementasi Sikades (Sistem Informasi Kependudukan Desa) Untuk Kemudahan Layanan Administrasi Desa Berbasis Web Mobile. Journals. Universitas
Ahmad Dahlan Jogjakarta ( Vol. 8, No. 1 januari 2014.
https://www.neliti.com/publications/101999/implementasi-sikdes-sitem-informasi-kependudukan-desa-untuk-kemudahan-layanan)
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.1523
Article Metrics
Abstract views : 1294 times | PDF - 294 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.