PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MAMASA

Rinawati Rinawati, Muhammad Syaeba, Ahmad Saleh

Abstract


Seiring perkembangan peradaban umat manusia tidak pernah lepas dari kehadiran institusi yang ada didalam masyarakat moderent yang dikenal sebagai birokrasi. Birokrasi mempunyai kewajiban untuk mensejahtarakan serta memberikan pemenuhan keburuhan rakyat atau masyarakat. Kehadiran birokrasi menjadi instrumen penting di dalam masyarakat. Patologi birokrasi lahir dari sebuah kesalahan seperti merit sytem dan exceed needs. Patologi birokrasi adalah penyakit atau bentuk perilaku birokrasi yang menyimpang dari nilai-nilai etis, aturan, dan ketentuan perundang-undangan serta norma-norma yang berlaku di dalam birokrasi. Penelitian dengan judul “Patologi birokrasi dalam pelaksanaan administrasi kependudukan di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten mamasa” dengan rumusan masalah bagaimana patologi birokrasi dalam pelayanan pablik dan faktor-faktor penyebab terjadinya patologi birokrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui patologi birokrasi dan untuk mengetahui fator penyebab patologi birokrasi terhadap pelayanan pablik di dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Mamasa. Penelitian inimenggunakan metode deskriftif kualitatif dengan sumberdata yang digunakan adalah data-data primer dan data sekunder.


Keywords


Patologi Birokrasi, palaksanaan administrasi

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus, dkk. (2008). Reformasi Birokrasi Publik diIndonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hannan, S. (2019). ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI DI KELURAHAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE (STUDI KASUS PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU DAN SURAT AHLI WARIS). MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 1(1).

Rusli, A.M. (2014). Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Pertanahan di Kota Makassar program pasca sarjanan Administrasi Publik. Universitas Hasanuddin.

Robbins, P. Stephen. (1994). Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta: Arcan.

Siagian, Sondang P. (1994). Patologi Birokrasi: Analisis, Identifikasi, dan Terapinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sinambella, Poltak, Lijan, (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan

Syaeba, M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Kabupaten Polewali Mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 13(1), 43-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1551

Article Metrics

Abstract views : 709 times | PDF - 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter