IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM INTERAKSI EDUKATIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 6 CAMPALAGIAN

Risma Risma, Abdul Latief, Kamaruddin Tone

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Gambaran  implementasi model pembelajaran humanizing the classroom dalam interaksi edukatif Pada  Siswa  Kelas  VIII  SMPN  6 Campalagian bahwa dalam model ini sangat cocok untuk diterapkan ke pada siswa, karena merupakan proses  memanusiakan siswa dalam ruang kelas, dalam artian siswa diarahkan kesadaran. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Campalagian. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh guru sebanyak 11 orang dan siswa kelas VIII kelas A dan kelas B sebanyak 54 orang dengan sampel 6 guru dan siswa kelas  A/B  8  siswa.  Dengan  mengunakan  teknik     Non     probability sampling.   Adapun   tehnik pengumpulan data yang dilakukan ialah teknik wawancara. Observasi. Dan kemudian dokumentasi. Dan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Bahwa dalam model ini sangatlah berperang penting dalam proses pembelajaran. Terutama untuk menciptakan interaksi antara guru dan dengan siswa dengan siswa lainnya.


Keywords


Humanizing The Classroom, Interaksi Edukatif

Full Text:

PDF PDF

References


Ahmadi, Abu 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hasnawati, 2013. Penerapan model pembelajaran Know What Learn dalam pembelajaran Pkn pada semester didik kelas VII Smp Kristen Saludengen Kecamatan bambang kabupaten Mamasa.

Heri Susiyanto, 2014, hubungan model pembelajaran humanizing The classroom dengan sikap demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan tempel sleman Yogyakarta

Latief,. A, .(2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas X di Smk Negeri Paku. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 1-18

Moriska Ucla, 2017. Implementasi model pembelajaran humanzizing the classroom dalam interaksi edukatif siswa di madrasah ibtidaiyyah daarul aitam palembnag.

Pramono, 2016. Konsep pendidikan humanis H.A.R. Tillar dan relevansinya dengan pendidikan agama

Sudono, Anggraini. 2003, sumber belajar dan alat permainan; untuk pendidikan usia dini (Jakarta: Grafindo)

Sugiyono (2017). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D ALFABETA, Cv




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.1561

Article Metrics

Abstract views : 334 times | PDF - 116 times PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.