ANALSIS PENGEMBANGAN KAPASITAS STRUKTUR ORGANISASI TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MALUNDA
Abstract
Penelitian ini untuk menganalisispengembangan kapasitas struktur organisasi terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Malunda. Sehingga peneliti mengfokuskan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana pengembangan kapasitas struktur, Sumber Daya Manusia serta pengembangan kapasitas keuangan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Malunda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang di lakukan bersifat deskriktif yaitu untuk mengetahui penggambaran kenyataan dari kejadian yang di teliti. Proses analisis data yang tersedia dari berbgai sumber yaitu, pengamatan, wawancara, observasi lapangan dan dokumen,Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pengembangan kapasitas organisasi pada pelayanan kesehatan Puskesmas Malunda Kecamatan Malunda sudah cukup maksimal walaupun masih terdapat beberapa lini yang perlu untuk ditingkatkan dan dikembangkan.
Adapun Hasil penelitian dapat dilihat dari Puskesmas Malunda sendiri sebagai salah satu Unit teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Majene dalam melaksanakan berbagai kegiatan program Kesehatan sebagai mana fungsinya, sehingga memberikan hasil yang terbaik Utamanya dalam hal pelayanan Kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, Andi Syamsu & Ashar Prawitno.2015. Pengembangan Kapasitas Organisasi dalam peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 8. No 2.
Brown, Lissane, Anna, Lafond, Kate Macintyre. 2001. Measuring Capacity Building Cardina Population Center : University Of North Carolina at Chapel Hill.
Dwiyanto, dkk, ( 2002 ). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik,Yogyakarta : Gaja Mada Universitas Press.
Fraderickson, Geografi.(1997). The Spirit of Public administration. Jossey- Bass Publisher. San Fransisco.
Haryono, Bambang santoso, dkk. 2012. Capacity Building Malang : Universitas Brawijaya Press
Sangkala, 2007.Knowledge Management ( Sebuah Pengantar Bagaimana Organisasi Mengelola Pengetahuan Sehingga Menjadi Organisasi yang Unggul). Jakarta. Raja Grafindo persada
Sinambella, potak, Lijan, 2006.Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implemantasi. Jakarta: Depkes RI.
Sugiono, 2016.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi ( Mixes Methods ). Bandung : Al Fabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i1.1595
Article Metrics
Abstract views : 703 times | PDF - 333 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.