Dampak Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Di Smp Negeri 7 Wonomulyo
Abstract
Pendidikan saat ini banyak menghadapi permasalahan dan rintangan, sala satunya teknologi yang semakin pesat dan maju. Diamana siswa yang hanya disibukkan oleh aktivitas bermain, serta kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, yang dapat berakibat menurunya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap minat belajar pada siswa SMP Negeri 7 Wonomulyo.
Adapun jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dimana menggunakan beberapa informan untuk melakukan wawancara dan juga menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Wonomulyo, dan sampel yang diambil yakni sebanyak 50 siswa yang bermain game online. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data akan dianalisa dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak buruk game online terhadap siswa, bisa dilihat besarnya pengaruh negatif game online tersebut terhadap prestasi akademik peserta didik di SMP Negeri 7 Wonomulyo.
Keywords
References
Latief, A. (2016). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik di smk negeri paku kecamatan binuang kabupaten polewali mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 7(1), 13-26.
Latief, A., Dermawan, D., & Rahayu, N. (2019, November). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar PPKn. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 72-77).
Danfort, I. (2013). Running Head: Addiction Classification And Personality Correlates; Addiction On Online Game: Classificaiton And Personality Correlates.
Margono, S. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Karya
Muh. Khalifah Mustamin, dkk. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.
Nakita. (2011). Bermain dan Permainan. Jakarta: PT. Sarana Kinasih Satya Sejati
Riduan. (2014). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sahabuddin, C. (2016). Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 17-30.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Young, K. S. (2010). “Understanding Online Gaming Addiction And Treatment Issues For Adolescents”. The American Journal Of Family Therapy. 37:355-372.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.