Efektivitas metode outdoor learning terhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas x smk negeri bulo

Rahmawati Segerang

Abstract


tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode outdoor learning terhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Negeri Bulo. Jenis penelitian ini adalah jenis peenltian eksperimen murni menggunakan satu kelas eksperimen menggunakan metode outdoor learning. Adapu populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri Bulo terdiri dari 107 orang yang terbagi dalam 4 kelas yakni peserta didik kelas X APHP 1 sebanyak 25 dan kelas X APHP 2 sebanyak 25 dan kelas X TSM sebanyak 20 orang sedangkan kelas X Multimedia sebanyak 37 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan menulis puisi, instrumen berupa non test berupa angket respon. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kedua kelompok telah mencapai lebih dari nilai KKM yang ada di SMK Negeri Bulo perbedaan hasil belajar kedua kelompok menunjukkan bahwa penggunaan metode outdoor learning. Lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik dibandingkan metode konvensial. 

 


Keywords


Efektivitas. Metode Outdoor Learning, Menulis Puisi.

Full Text:

PDF

References


H. Alwi etc. 2001.Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kurikulum 2013. Jakarta:Rajagrafindo Persad.

Muthmainnah,M. (2017). Drama Kemampuan Menulis Naskah melalui Pembelajaran Berbasis Otak Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 2 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12 (1) , 63-74

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

Kusumaningsih. Dewi. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET

Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1611

Article Metrics

Abstract views : 250 times | PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.