ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TAPALANG BARAT

Fatmawati Fatmawati, Nur Hafsah Yunus MS, Andriani Andriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Analisis Kemampuan Memahami Isi Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tapalang Barat.

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara detail mengenai suatu peristiwa atau keadaan berdasarkan fakta yang ada tentang kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi pada Analisis Kemampuan Memahami Isi Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tappalang Barat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, rata-rata Analisis Kemampuan Memahami Isi Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tapalang Barat termasuk dalam kategori cukup mampu dengan nilai rata-rata 72,42%. Kemampuan siswa kelas X IPA 1 tersebut dalam menceritakan kembali isi teks narasi hampir seimbang dengan standar kemampuan yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data yaitu bahwa dari 30 sampel, nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 92, nilai terendah adalah 52, dan nilai ratarata pada siswa yaitu 72,7%.

   

 

Keywords


kemampuan memahami , teks narasi.

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta

Heilman (dalam Resmini dkk,2006:234, Membaca adalah interaksi dengan bahasa yang sudah dialihkodekan dalam tulisan

Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca Di Sekolah Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Soedarso. (2001). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. (1994). Membaca: Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Edisi ke-3. Bandung: Angkasa

www.EDUCARE.co.id. (2011). Membaca Pemahaman. Diakses Tanggal 19 Februari 2011.

Yunus, N. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Dengan Menggunakan Metode Team Product. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 74-84.

Yunus, N. H., Andriani, A., & Nurhidayah, N. (2020). Upaya Pemberantasan Buta Aksara Melalui Pelatihan Membaca Menulis Berhitung (CALISTUNG) di Kampung Pendidikan. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 139-144.

Yunus, N. H., Muttalib, A., Wahyuddin, W., & Fatimah, F. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Polewali Mandar. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 6(1), 49-54.

Andriani, A., Yunus, N. H., & Wahyuningsih, W. (2021). Pengaruh Penerapan Learning Cycle 7e dengan Media Kotak Dadu Pada Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 6(1), 45-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1617

Article Metrics

Abstract views : 325 times | PDF - 605 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.