PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PKN MELALUI METODE DISKUSI MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DI KELAS XI SMA PERINTIS SINDAGAMANIK

Dermawan Dermawan, Abdul Latief, Handri Cryzhel

Abstract


Penelitian  ini dilaksanakan di SMAS Perintis Sindagamanik pada kelas XI MIPA melalui penerapan metode diskusi menggunakan media power point dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Perintis Sindagamanik. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA berjumlah 26 orang dan penelitian terdiri dari 2 siklus. Siklus I, 3 kali pertemuan dan siklus II juga dilaksanakan 3 kali. Pengambilan data di lakukan pada setiap akhir siklus, observasi dilakukan setiap pembelajaran yang berlangsung. Dan dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dari pelaksanaan tindakan selama dua siklus hasil yang dicapai adalah meningkatnya aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar yang dicapai siswa meningkat.


Keywords


Belajar Aktif, Belajar Pkn, metode Diskusi

Full Text:

PDF

References


Suyantana, I. N. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS XIA PADA MATERI PELUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN BRAINSTORMING DI MAN LUWUK KABUPATEN BANGGAI. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4).

Latief, A., Dermawan, D., & Rahayu, N. (2019, November). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar PPKn. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 72-77).

Adel, A.,Nadir, M., & Latief, A. (2019, November). Pengaruh Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 84-87).

Kamdani, K., & Purnami, A. S. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 NGLIPAR TAHUN AJARAN 2013/2014. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tinding, T. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK MEDIA BIODRAWING PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SDN 1 BUNKATE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(2).

Rustam, I. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INTEGRATIVE LEARNINGDESIGN FRAMEWORK (IDLF) SISWA KELAS VIIMTS AL-HIDAYAH MAKASSAR. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2).

Wulandari, E., & Sukirno, S. (2012). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantu Media Monopoli Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.1619

Article Metrics

Abstract views : 140 times | PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter